Categories

Event

Nokia HERE Menantang Para Pengembang Lokal Melalui HERE Map Creator API Challenge

HERE Map creator API Challenge dapat diakses melalui platform showcase Dicoding

Adjie Priambada - 6 March 2015

Untuk pertama kalinya, Nokia HERE akan membuka API challenge dengan HERE Map Creator API. Tantangan Nokia HERE kali ini adalah tantangan eksklusif bagi para developer lokal, karena API dibuka khusus di Indonesia dan berbasiskan platform peta komunitas dari HERE Map Creator. Program Mobile App Challenge yang memanfaatkan HERE Map Creator API tersebut pun termasuk dalam agenda kegiatan dari Nokia HERE Indonesia di tahun 2015.

Tantangan ini akan terbuka bagi masyarakat umum untuk membuat mobile application baru dan juga orisinil dengan menggunakan HERE Map Creator API (Community Vector Tiles API). Kriteria utama dari aplikasi yang dibuat harus dapat menambahkan informasi-informasi baru seperti informasi jalan baru, rute pendakian gunung, bersepeda, pejalan kaki, jalur evakuasi bencana alam, rute transportasi (Merekam Jejak GPS), lokasi-lokasi penting atau Point of Interest (POI), dan nomer rumah di lapisan terpisah di atas peta dasar API. Sedangkan untuk cakupan wilayah, cakupan dari aplikasi hanya berlaku untuk di wilayah Indonesia.

Masyarakat yang ingin mengikuti tantangan ini, khususnya para pengembang lokal, harus terdaftar di platform showcase pengembang Dicoding. Aplikasi yang dibuat nantinya harus dapat berjalan di salah satu platform Android, Windows Phone, dan iOS dan untuk pengujian beta aplikasi harus sudah terunggah di salah satu toko populer tersebut.

Penjurian akan memilih enam mobile application sebagai pemenang dan tiap pemenang nantinya akan mendapatkan 5.000 poin di Dicoding. Di samping mendapatkan poin experience di Dicoding, ke enam mobile application terbaik yang terpilih nantinya akan di endorse dalam program "Lost in Heaven Flash Mob Challenge" yang juga termasuk dalam agenda kegiatan Nokia HERE di tahun 2015 ini. Dewan juri yang menilai akan terdiri atas perwakilan profesional dari pihak Nokia HERE dan Dicoding.

Saat ini tantangan masih belum terbuka dan baru akan dimulai pada 15 Maret 2015 nanti dari pukul 00.00 WIB dan akan berakhir pada 10 Mei 2015 pukul 00.00 WIB. Semua aplikasi yang diajukan harus diterima oleh HERE sebelum tanggal akhir, keterlambatan pengiriman akan mengakibatkan aplikasi ditolak.

Nantinya aplikasi yang dihasilkan diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat untuk bepergian ke banyak daerah-daerah terpencil di Indonesia dengan informasi spasial yang terbatas. Selain itu, aplikasi juga diharapkan dapat menjadi media kreatif dalam mempromosikan potensi sumber daya daerah di Indonesia. Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi tautan berikut.

_ Disclosure: DailySocial berinvestasi di Dicoding

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter