Categories

Gadget

Mari Saksikan Animasi 3D Pertama di Dunia

Yoga Wisesa - 2 February 2015

Video game tak akan lahir tanpa perkembangan grafis dan animasi. Dan dalam penyajiannya, terdapat bermacam-macam teknik. Mungkin sebelumnya Anda sudah pernah menyimak sejarah perkembangan grafis permainan. Namun penasarankah Anda seperti apa sebenarnya animasi komputer tiga dimensi pertama? Kabar baik, Anda bisa menyaksikannya sebentar lagi.

Istilah computer graphics pertama kali disebutkan oleh William Fetter di tahun 1961. Ia merupakan art director, dahulu bekerja di perusahaan Boeing (karyanya dinamai Boeing Man). Tapi animasi pertama sendiri dibuat oleh kedua mahasiswa Universitas Utah, Edmin Catmull dan Fred Parke dalam video eksperimental singkat tahun 1971, berjudul A Computer Animated Hand.

Potongan A Computer Animated Hand sempat ditayangkan dalam film Futureworld, dan jika Anda belum kenal Edmin Catmull, ia adalah co-founder Pixar sekaligus presiden-nya saat ini. Ketika kecil, Catmull sangat berharap bisa bekerja di Disney sebagai animator, tapi sadar ia tidak mempunyai kemampuan menggambar. Akhirnya ia memilih berkuliah di University of Utah dan lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer.

Catmull sempat bekerja juga di Boeing, hingga PHK besar-besaran menerpa. Ia pulang kembali ke Utah, dan bersama kawannya Fred Parke, Catmull mencoba menggarap sebuah proyek kecil. Pertama, mereka menuangkan plester ke tangan kiri Catmull. Kemudian dengan pulpen, mereka membelah cetakan menjadi 350 buah kepingan-kepingan kecil. Lalu poligon tersebut diukur, dimasukkan ke komputer, lalu secara cermat diciptakanlah animasinya.

 

Info menarik: Simak Sejarah Perkembangan Grafis Game Dalam Seri Video Menarik Ini

 

Proses input data dan menghitung koordinat terbukti memakan banyak waktu. Melalui program animasi buatan sendiri, akhirnya terbentuklah tangan tanpa tubuh yang dapat bergerak di layar. Fred Parke tak lupa menggarap animasi komputer berbasis wajah istrinya, dan ia bubuhkan di penghujung film.

Memindahkan gambar-gambar ke film juga terbukti menjadi pekerjaan yang sulit, karena hardware display saat itu tidak menunjukkan seluruh gambar di layar. Catmull dan Parke hanya bisa melihat karyanya via mengambil foto polaroid frame per frame langsung dari layar monitor. Setelah puas, ia rekam videonya menggunakan kamera 35 milimeter.

Dibantu profesor Ivan Sutherland, Catmull berkesempatan bertemu dengan management Disney, meski belum membuahkan hasil. Dari sana, ia dihubungi langsung oleh George Lucas dan setuju bekerja untuk Lucasfilm (di bawah nama The Graphics Group). Kemudian divisinya diakuisisi Apple Computer tahun 1986, dan diganti nama menjadi Pixar Animation Studios. Film animasi pertama mereka ialah Toy Story.

Penasaran seperti apa rupa film animasi A Computer Animated Hand? Mari tonton di bawah.

Via Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter