1. Startup

Market Share Google Chrome Tumbuh dan Sponsored Themes di Gmail

Sejak kemunculannya Chrome terus mendapatkan perhatian user, selain kecepatan extension yang kian bertambah serta beberapa update fitur seperti fitur terjemahan otomatis serta fitur yang berkaitan dengan privasi dalam menjelajah web serta berbagai fitur yang dipastikan akan terus bertambah.

Dan Chrome akhir Maret kemarin juga terus mengalami pertumbuhan market share di persaingan browser, awal Januari pangsa pasar mereka 5,2 %, naik menjadi 5,6 % pada bulan Februari, dan masih terus bertumbuh sampai 6,1 % pada akhir bulan Maret.

Jika dilihat dari pemimpin pangsa pasar Internet Explorer memang masih jauh tapi setidaknya dari data NetMarketShare, meski persentasi agak berbeda dengan data pertumbuhan diatas, tapi bisa dilihat urutan peringkat browser bisa dilihat Chomre berada di atas Opera dan Safari.

Chrome juga telah merilis versi beta untuk Chrome 5 yang sudah bisa dicoba di Windows, Mac dan Linux, sepertinya bisa dipastikan pertumbuhan browser keluaran Google ini akan terus bertumbuh.

Kabar satu lagi hadir dari Gmail yang berhubungan dengan Themes. Tampilan Gmail memang memungkinkan user untuk mangganti tampilan themes mejadi berbagai pilihan. Meskipun tidak terlalu substansial tapi untuk memberikan pengalamanmenarik dan tidak membosankan bagi user, terutama mereka yang doyan dengan berbagai elemen estetis, themes bisa jadi satu pilihan untuk membuat penggunaan email menjadi sedikit tidak biasa.

Namun pilihan untuk themes ini masih sangat sedikit, saya jadi malah membandingkan dengan theme di produk Google lain seperti iGoogle atau malah Personas-nya Firefox yang lebih menarik. Tapi mungkin kondisi itu tidak lama lagi akan berubah.

Kini muncul sponsored themes untuk Gmail. Seperti juga yang dijelaskan di option help untuk Gmail themes, bahwa sebagai besar themes yang ada dibuat oleh Google, namun ada 3 themes yang dibuat oleh artis dari luar Google, selain itu untuk user di Brazil, UK dan Perancis, akan ada pilihan untuk sponsored themes.

Sponsored themes ini hadir dalam batas waktu tertentu sebagai sebuah eksperimen, meskipun dijelaskan oleh Google, bagi user yang telah memilih sponsored themes masih bisa menggunakannya meskipun masa eksperimen sudah habis.

Sayangnya sponsored themes ini tidak tersedia di Indonesia, jadi saya tidak bisa mencobanya, tapi mungkin saja ini bisa jadi permainan baru Google, jika themes itu cukup menarik, misalnya di sponsori oleh game atau perusahaan yang memiliki banyak penggemar, sepertinya itu akan menarik penggunaan user yang cukup banyak.

Well, mari kita lihat perkembangan selanjutnya dari themes ini, untuk mencoba themes dari Gmail anda bisa masuk ke pilihan setting lalu klik themes, tapi Google mewanti-wanti bahwa tidak semua browser kompatibel dengan Gmail themes, untuk melihat browser apa saja yang kompatibel, bisa dilihat di sini.

Sumber: The Next Web, eWeek, NetMarketShare.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again