1. DScovery

Marketing: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Serta Tahapannya

Kesuksesan sebuah bisnis memang ditentukan dengan cara membuat bisnis plan atau marketing plan yang matang. Tahukah kamu apa itu marketing?

Bisnis yang sukses bergantung pada rencana bisnis dan marketing yang dipikirkan dengan matang. Namun tahukah kamu bahwa tanpa marketing yang tepat, kinerja bisnis tidak akan optimal?

Dengan strategi yang tepat, marketing dapat meningkatkan reputasi merek perusahaan dan memberikan penjualan yang diharapkan. Tentu saja, dengan catatan perusahaan telah memilih jenis marketing yang tepat dan melakukannya dengan baik.

Oleh karena itu, memahami marketing penting bagi siapa saja yang ingin atau akan memulai bisnis. Dengan wawasan marketing, kamu dapat lebih mengeksplorasi potensi bisnis dan mencapai tujuan perusahaan mu.

Berikut kami akan membahas mengenai marketing yang perlu kamu ketahui. Silahkan simak artikel di bawah ini!

Definisi Marketing

menurut Caroline Forsey dari Hubspot, Marketing adalah proses membuat orang tertarik pada produk dan layanan perusahaan. Melakukan proses ini membutuhkan pengerjaan riset pasar, analisis, dan menemukan pelanggan ideal.

Definisi marketing yang sangat luas menggambarkan bagaimana proses pemasaran itu sendiri bekerja. Marketing dimulai dengan proses pengembangan produk, metode distribusi yang dilakukan, penjualan produk atau jasa, dan periklanan.

Kemajuan teknologi telah memperluas definisi marketing. Saat ini ada dua jenis marketing: online dan offline. Kedua konsep tersebut dipisahkan oleh media, online menggunakan internet dan offline tidak.

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Marketing

Fungsi pemasaran yang menghubungkan brand dengan konsumen. Untuk terhubung sepenuhnya, ada proses marketing yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan tersebut.

Oleh karena itu, manfaat pemasaran untuk bisnis sangat besar dan meliputi:

  • Membantu target pasar perusahaan dalam memahami produk atau layananmu
  • Memberikan nilai pada produk dan layanan
  • Sarana branding
  • Membangun hubungan baik dengan target pasar perusahaan
  • Meningkatkan kepercayaan target pasar terhadap produk/jasa perusahaan
  • Menjaring target pasar
  • Meningkatkan perdagangan

Jenis-jenis Marketing

Ada Beberapa jenis marketing yang perlu kamu ketahui di bawah ini.

Outbound Marketing

Outbound marketing adalah model pemasaran yang berhubungan dengan iklan melalui berbagai media seperti iklan cetak, iklan televisi, telepon dan email.

Inbound Marketing

Tidak seperti outbound marketing, inbound marketing adalah mode pemasaran yang berfokus untuk menarik pelanggan dengan melibatkan mereka dalam strategi perusahaan.

Digital Marketing

Digital marketing adalah teknik pemasaran yang lebih memanfaatkan media dan teknologi elektronik dan tidak lagi menggunakan cara-cara tradisional. Media yang digunakan antara lain web search engine, social media, dan email to website. 

Search Engine Marketing

Mode search engine marketing, biasa disebut SEM, mencakup semua aktivitas pemasaran untuk menampilkan produk atau layanan bisnis Anda di halaman mesin pencari utama atau halaman hasil mesin pencari (SERP).

Content Marketing

Content marketing adalah alat utama untuk pemasaran masuk dan digital. Konten yang dibuat memungkinkan audiens Anda dan mesin telusur seperti Google menemukan informasi yang mereka butuhkan di Internet.

Social Media Marketing

Social media marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan pembuatan konten untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan yang saat ini kami tawarkan dan jual di berbagai platform media sosial.

Video Marketing

Video marketing adalah salah satu jenis content marketing yang menggunakan video sebagai medianya.

Idenya adalah membuat video dan mengunggahnya ke situs web Anda, YouTube, dan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan konversi, dan tentu saja menutup kesepakatan.

Voice Marketing

Voice Marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan layanan media utama lainnya seperti Amazon, Alexa, dan Google Home untuk mengedukasi orang dan menjawab pertanyaan tentang topik yang diminati.

Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa marketing itu ibarat kaki dari sebuah bisnis. Hal ini membuat bisnis perusahaan bergerak ke arah yang diharapkan.

Tahapan dalam Marketing

Sebuah bisnis harus melalui beberapa tahap pemasaran untuk memastikan bahwa produk atau layanan mereka siap untuk dijual.

Ideation

Marketing dimulai ketika kamu mendapatkan ide untuk suatu produk atau layanan. Sebelum kamu meluncurkan produk atau layanan, kamu perlu memutuskan apa yang akan dijual, berapa banyak pilihan yang tersedia, dan bagaimana mengemas dan menyajikannya kepada konsumen.

Riset dan Pengujian

Riset dan pengujian pasar harus dilakukan sebelum ide dipublikasikan. Departemen pemasaran biasanya menggunakan kelompok fokus dan survei untuk menguji konsep produk baru, mengukur minat konsumen, menyempurnakan ide produk, dan menentukan harga yang akan ditetapkan.

Meneliti pesaingmu dapat memberi kamu ide untuk penetapan harga yang optimal dan memposisikan merek mu di pasar yang ada.

Periklanan

Informasi yang dikumpulkan dari penelitian mu membantu kamu menentukan strategi penjualan dan membuat kampanye iklan. Periklanan mencakup berbagai bentuk media, acara, surat langsung, kemitraan berbayar, dan hubungan masyarakat.

Sebelum meluncurkan kampanye iklan, kamu perlu menyiapkan tolok ukur tertentu yang memungkinkan kamu mengukur efektivitas kampanye iklan.

Menjual

Memutuskan dimana dan bagaimana kamu akan menjual kepada pelanggan. Misalnya, perusahaan barang konsumen menjual ke grosir, yang menjual ke pengecer. Di pasar industri, proses pembelian lebih lama dan melibatkan lebih banyak pengambil keputusan.

Mereka dapat menjual secara lokal, nasional, bahkan internasional, dan beberapa perusahaan hanya menjual produk dan layanan mereka secara online. Saluran penjualan dan distribusi memengaruhi siapa yang membeli produk mu, kapan dan bagaimana.

Selamat mengembangkan bisnis dengan strategi marketing terbaikmu! Jangan lupa membuka artikel lain yang sudah DailySocial.id siapkan untukmu, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again