Categories

Berita

Marketplace Buku Bekas 2ndBook Memenangkan Kompetisi #NgandroidFunKey di Bandung

Wiku Baskoro - 10 September 2012

Acara lomba kompetisi aplikasi #NgandroidFunKey yang diselenggarakan oleh Telkom dan Gits Indonesia telah selesai dilaksanakan. Acara yang diselenggarakan mulai dari tanggal 2 – 9 September 2012 ini telah mendapatkan 3 pemenang (Best Apps) yang dipilih dan diumumkan pada tanggal 9 September kemarin bertempat di Bandung Digital Valley (BDV), gedung R&D Telkom di Bandung.

Acara sendiri dibuka pada tanggal 2 September dengan para peserta yang lolos seleksi, berasal dari Lampung, Makassar, Surabaya, Yogyakarta dan Sidoarjo serta Jakarta, melakukan coding aplikasi yang mereka buat di BDV. Tanggal 3 – 8 September mereka kemudian melakukan pengembangan di rumah/kantor masing-masing dan akhirnya pada tanggal 9 September, mereka hadir kembali di BDV dan melakukan penyelesaian tahap akhir aplikasi. Juri kemudian memilih 10 besar aplikasi untuk melakukan presentasi yang kemudian dipilih 3 aplikasi kategori Best Application.


Sepuluh finalis tersebut adalah:

  1. When Tag (tim Songkolo)
  2. Kroompay (Husky)
  3. 2nd Book (2nd book)
  4. Tugasku (G. Reseach SMKN 4 Bandung)
  5. Aorta Life (Newbee Corp)
  6. Seven, help me now ! (TB 30A)
  7. Game kenal angka (Rainbow)
  8. Post Panda (Ogliesvirl)
  9. Pitchchord (pitchchord)
  10. Smart Promo (AA-BSD)

Para juri kemudian memutuskan tiga pemenang Best Application. Juara pertama adalah 2nd book. Sebuah marketplace untuk buku bekas, yang memperoleh hadiah sebesar Rp 5.000.000, kemudian juara kedua dengan hadiah Rp 3.000.000 adalah Post Panda oleh Ogliesvirl: game puzzle yang mengajak pengguna menentukan arah paling cepat untuk sampai dari satu titik ke titik lain dengan membuat pola arah tujuan. Juara ketiga adalah Aorta Life oleh Newbee Corp: aplikasi untuk memonitor penyakit jantung yang terhubung dengan belt khusus, mendapatkan hadiah sebesar Rp 2.000.000.

Hadir di acara #NgandroidFunKey kemarin, saya sendiri cukup salut dengan para peserta, dengan waktu yang cukup singkat mereka telah mampu menghadirkan konsep, prototipe serta aplikasi dalam waktu yang cukup singkat.

Ide dan tema aplikasi juga beragam, ada yang menyasar segmen kesehatan seperti Aorta Life yang berguna untuk melakukan monitor atas penyakit jantung, atau peserta dari SMKN 4 yang mencoba membangun aplikasi untuk memudahkan pengerjaan tugas sekolah.

Pitchchord juga menyita perhatian saya karena duo mahasiswa ITHB ini mengembangkan algoritma berdasarkan penelitian ahli yang memungkinkan aplikasi pengenalan suara dari analog dan mengubahkanya ke chord dan pitch.

Presentasi yang dilakukan pun secara umum cukup menarik, meski masih bisa ditingkatkan. Dewan juri juga memberikan masukan dan pertanyaan yang cukup baik, terutama dari sisi teknis. Lomba kemarin juga menjadi gambaran akan kondisi pengembang aplikasi di Indonesia yang hadir dengan konsep aplikasi yang layak untuk digunakan oleh pengguna, khususnya Android.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf yang selain memberikan sambutan juga menyerahkan hadiah pertama kategori Best Apps serta berbincang dengan beberapa pengembang yang menjadi peserta acara #NgandroidFunKey.

Semua aplikasi yang dikembangkan ini juga menurut rencana akan diunggah ke toko aplikasi Telkom. Selain kategori Best Application ada pula kategori Top Download Aplication, yang merupakan kesempatan bagi mereka yang belum menang untuk memperoleh hadiah sebesar Rp 5.000.000 jika aplikasi mereka merupakan yang paling banyak diunduh. Pengumuman kategori ini akan dilakukan tanggal 30 September 2012.

Selamat pada para pemenang, semoga aplikasi yang dikembangkan bisa disempurnakan dan berguna bagi pengguna, khususnya pengguna lokal.

Disclosure:DailySocial adalah salah satu media partner acara ini. 

Foto pertama oleh panitia, foto lainnya DailySocial.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter