Categories

Berita

Marketplace Elevenia Resmi Hadir, Siap Bawa Produk UKM “Go Regional”

Amir Karimuddin - 19 March 2014

Sebagai hasil joint venture XL Axiata (XL) dan SK Planet, marketplace Elevenia (XL Planet) resmi dihadirkan sebagai salah satu solusi e-commerce di Indonesia. Tak cuma itu, seperti disebutkan oleh CEO XL Hasnul Suhaimi, jika sukses produk-produk UKM yang dijual di Elevenia bakal dibawa “go regional” dengan penerapan e-commerce serupa di semua operator seantero Asia yang berada di bawah naungan Axiata Group.

Sudah bisa diakses sejak 1 Maret lalu, Elevenia hadir sebagai adopsi 11st yang merupakan salah satu layanan marketplace terbesar di Korea Selatan. Kenapa XL mau memasuki pasar e-commerce? Menurut Hasnul, ini merupakan langkah selanjutnya untuk membawa konsumen Indonesia ke gaya hidup digital. Sesungguhnya XL telah berusaha mencari partner yang sesuai untuk usaha e-commerce sejak akhir tahun 2012 dan SK Planet yang berasal dari Korea diidentifikasi memiliki visi yang paling sesuai.

Disebutkan bahwa Korea saat ini adalah negara paling maju dalam hal e-commerce, dengan 10% dari total konsumsi ritel dilakukan secara online. Persentase ini jauh lebih besar ketimbang negara-negara maju yang lain, termasuk Amerika Serikat. Sebelum di Indonesia, SK Planet juga telah menghadirkan kerja sama yang serupa di Turki dengan nama n11. Untuk itulah Elevenia lahir mengakomodasi kebutuhan dan pertumbuhan belanja online di Indonesia.

Tentu saja jika sekedar berbicara tentang marketplace tanpa diferensiasi tidaklah memberikan nilai tambah. Elevenia berusaha menjaring lebih banyak partner penjual dengan mendirikan 3 seller zone di Jakarta, yang bertempat di Plaza 89, Mangga Dua Mall dan Tanah Abang Blok B. Selain membuktikan bahwa penjual barang-barang yang dijual di Elevenia terpercaya, penjual juga bisa memanfaatkan seller zone untuk sesi fotografi produk-produk yang akan dijual di Elevenia dan memperoleh pelatihan tentang berjualan secara online.

Salah satu bentuk keseriusan dua perusahaan Indonesia dan Korea ini untuk menggarap bisnis e-commerce di Indonesia adalah mendatangkan CEO 11st James Lee untuk menjadi CEO Elevenia. James Lee membawa 10 staf dari Korea untuk melengkapi total pegawai XL Planet yang telah mencapai 100 orang. Menurut James, saat peluncuran resmi Elevenia hari ini sudah terdapat 7000 penjual yang menawarkan 600.000 produk dengan 8 kategori utama.

Untuk strategi pemasaran, Elevenia menggandeng Cinta Laura sebagai brand ambassador, menghadirkan iklan di televisi, dan memanfaatkan jaringan XL untuk berpromosi langsung ke konsumen. Mulai pertengahan Maret, tersedia cicilan 0% untuk 3 dan 6 bulan melalui kartu kredit untuk minimum pembelanjaan satu juta Rupiah dari total jumlah belanja.

Ditanya tentang target Elevenia, James menyebutkan dalam jangka pendek mereka ingin sukses memasuki pasar dan dalam jangka panjang ingin menjadi yang terbaik dalam pasar marketplace di Indonesia.

Mengingat XL adalah layanan operator seluler, tak lupa mereka mengusung strategi mobile dengan menghadirkan aplikasi untuk Android dan iOS. Aplikasi  iOS hadir melengkapi aplikasi Android yang tersedia sejak peluncuran perdana Elevenia 1 Maret lalu.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id