Di tengah mulai tumbuhnya ekosistem e-commerce di Indonesia bisnis dengan konsep marketplace menjadi salah satu bisnis yang “seksi”. Tak pelak jika dalam kurun waktu lima tahun terakhir banyak bisnis marketplace bermunculan. Salah satunya adalah Maimilu. Marketplace yang membantu memberikan informasi dan penjualan tiket event secara online ini sudah hadir sejak tahun 2015. Tahun ini mereka berharap memperoleh pencapaian yang lebih baik.

Maimilu diprakarsai tiga orang pendiri. Mereka adalah Komang Wiswakarma, Dika Soul Seva, dan Alvin Benito Chaniago. Maimilu dalam bahasa Bali berarti “Ayo Ikut!”. Sesuai dengan namanya, platform ini menjajakan pilihan tiket acara dengan berbagai kemudahan khas layanan digital, seperti pembayaran online dan analisis penjualan tiket. Saat ini kebanyakan acara yang ditawarkan berada di Jakarta dan Bali.

Untuk model bisnis, Maimilu mengambil keuntungan dari margin penjualan tiket. Selain itu dalam beberapa waktu ke depan, mereka juga akan mulai mencari pendapatan melalui skema Subscription Premium Account, Iklan, dan Event Exposure.

“Kami yakin Maimilu adalah salah satu alternatif baru khususnya dalam platform digital untuk penjualan tiket konvensional yang cenderung kompleks dan butuh waktu lama untuk diproses serta rentan terjadi pemalsuan tiket. Saat ini di Indonesia belum ada platform UGC (User Generated Content) dengan tipe event ticket marketplace yang sudah diintegrasikan dengan payment gateway serta mempunyai pembayaran mata uang lokal (IDR),” ujar Komang.

Digitalisasi penjualan tiket

Maimilu, seperti diceritakan kepada DailySocial, berusaha mencoba menjadi platform pilihan untuk menjual tiket. Untuk itu teknologi yang digunakan diharapkan mampu mempermudah semua pihak, baik penjual tiket maupun pembeli tiket. Menurut Komang, semua proses pembuatan acara dan penjualan tiket di Maimilu dilakukan secara digital. Tiket pun dibuat dalam bentuk e-ticket.

Selama tahun 2016 kemarin, Maimilu banyak melakukan perubahan. Salah satunya menyediakan fitur untuk memudahkan penyelenggara acara dalam menentukan kebutuhan data di setiap tiket yang mereka jual dengan fitur Custom Ticket Form, penambahan fitur Verified Account, dan Premium Account.

Untuk tahun 2017, Komang menjelaskan Maimilu memasang target mendapatkan 100 event organizer atau penyelenggara acara baru yang bergabung dengan target acara mencapai 300 acara baru.

“Fokus dan target tahun ini mendapatkan 100 event organizer baru yang bergabung dengan portfolio 300 acara. Setelah tercapai, akan dilakukan monetisasi tambahan yaitu Ads, Event Exposure dan Subscription untuk Premium Account,” papar Komang.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.