1. Lifestyle

Marketplace Games for Windows PC Akan Segera Ditutup

Kabar kurang menyenangkan hadir bagi para gamer, Microsoft mengumumkan bahwa marketplace PC Games For Windows akan segera dinonaktifkan dalam waktu kurang dari seminggu, tepatnya tanggal 22 Agustus nanti.

Meski demikian ada satu hal penting yang harus digarisbawahi adalah, penutupan marketplace Games For Windows ini tidak akan mempengaruhi platform Games For Windows Live.

Berdasarkan kabar yang saya dapatkan dari The Escapist Magazinetitle-title Games For Windows Live tetap bisa Anda dapatkan dari berbagai tempat dan platform jual beli online, salah satunya tentu saja adalah Steam. Namun ini berarti ada beberapa fakta pahit yang harus kita telan.

Yang pertama adalah dengan penutupan ini berarti masa depan beberapa franchise game ternama milik Microsoft tersegel selamanya. Kemungkinan besar tidak ada lagi sekuel Age of Empire di masa yang akan datang, dan IP-IP Microsoft seperti Halo dan Gears of War tidak akan pernah dirilis di PC. Apakah ini merupakan harga yang harus dibayar untuk mendapatkan layanan Games For Windows Live yang lebih baik? Mungkin tidak juga.

Masalah lain yang menanti ialah jika Anda merupakan salah satu konsumen yang gemar mengumpulkan Microsoft Points – atau menyiapkan poin ini jikalau DLC-DLC baru dirilis di untuk game-game yang di-publish Microsoft. Jika Anda tidak segera membelanjakan Microsoft Point, maka poin tersebut akan hangus terhitung tanggal 22 Agustus besok. Alternatifnya adalah Anda harus cepat-cepat membelanjakannya.

Nah, saya akan menambahkan satu hal lain yang mengganjal: Microsoft memberi pernyataan, “Ketersediaan transaksi in-game dan pembelian downloadable content (DLC) bergantung dari tiap-tiap judul game itu sendiri. Anda dipersilakan untuk menghubungi publisher game masing-masing untuk informasi lebih lanjut.”

Metode lain yang ditawarkan Microsoft agar poin-poin ini tidak terbuang sia-sia adalah “dengan menggunakannya untuk membeli berbagai konten dari outlet-outlet Xbox resmi; atau jika Anda memiliki perangkat Windows Phone 8, Anda bisa membelanjakannya ke Windows Phone Store”. Namun bagaimana jika Anda sama sekali tidak memiliki kedua perangkat ini?

Satu cara lain yang belum dikonfirmasi adalah komentar Microsoft bahwa Anda bisa menukarkan Microsoft Point ke mata uang sungguhan, namun hingga saat ini kita belum tahu bagaimana caranya dan apa saja prasyaratnya. Namun jika Anda melihat track-record perusahaan ini, kecil kemungkinan Microsoft bersedia melakukan hal ini...

Sumber gambar: Steam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again