Marketplace Ratakan Sediakan Berbagai Produk Digital Karya Anak Bangsa

Marketplace Ratakan Sediakan Berbagai Produk Digital Karya Anak Bangsa

shutterstock_173386661
shutterstock_173386661

Layanan marketplace online kian hari makin bertambah banyak. Tak sekedar dari barang atau jasa yang ditawarkan, konsep produk yang ditawarkannya  juga kian beragam. Bagi yang berminat membeli dan menjual produk digital karya lokal, seperti e-book, piranti lunak, dan tema situs, kini tersedia tempat khusus (dalam bentuk marketplace) untuk bertransaksi melalui Ratakan.

Ratakan adalah sebuah sistem pemasaran online bagi para pemilik produk digital. Selain menjadi marketplace online, Ratakan.com juga menyediakan kesempatan bagi para pemilik produk untuk bergabung sebagai joint venture rekanan dalam penjualan produknya. Bagi yang ingin mencoba peruntungan pun tak ada salahnya menjadi afiliasi dan mulai menawarkan produk digital di Ratakan dan mendapatkan komisi 25% hingga 75% dari harga yang tertera. Ratakan mengurus semua transaksi mulai dari penjualan, pembayaran vendor dan afiliasi, hingga pengiriman produk.

Sesuai dengan visinya untuk jadi marketplace dan jejaring afiliasi produk digital di Indonesia, Ratakan menyediakan berbagai kategori produk digital, seperti e-book, software, tutorial, video, hingga tema untuk WordPress. Produk digital yang dihadirkan pun bukan sepenuhnya milik tim Ratakan, melainkan juga dari vendor pihak ketiga yang telah disetujui dan di-review sebelumnya.

Terkait soal produknya yang ditawarkannya, Meski cukup beragam nampaknya kualitas produk-produk tersebut masih kurang meyakinkan dan menarik. Produk digital yang ditawarkan di Ratakan pun minim deskripsi produk, hanya tersedia nama serta foto atau gambar produk. Kurang nyaman rasanya jika dibandingkan dengan marketplace lain, terutama yang berasal dari luar negeri, yang menyediakan jasa serupa. Tak hanya itu, bagi beberapa produk yang bukan dibuat oleh tim Ratakan, pengguna akan dibawa menuju situs produknya untuk melihat keuntungan serta kelebihan yang ditawarkan. Hal ini justru menyalahi kaidah marketplace yang menjadi tempat berkumpulnya penjual dan pembeli.

Ratakan, yang disebutkan berbasis di Madiun, memiliki potensi sebagai suatu marketplace produk digital karena sesungguhnya banyak para wirausahawan kreatif yang masih menjual produknya di marketplace luar negeri dan konsep seperti ini belum banyak dijumpai produk serupa dijumpai di ranah lokal. Kami berharap Ratakan terus berbenah dengan menarik lebih banyak penjual yang bergabung, meningkatkan standar kualitas yang boleh dijual di marketplace ini, dan memperbaiki tampilan situs ini untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dalam negeri.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…