1. Startup

Masa Depan Email: Suram

Masih ingat dengan kabar bahwa Facebook akan meluncurkan layanan email mereka sendiri? Kabar ini memang dibantah oleh CEO Facebook sendiri, Mark Zuckerberg.

Seperti yang ditulis oleh VentureBeat, Facebook tidak akan menjadi saingan para pembuat web-email yang telah dulu menyediakan layanan email yang lengkap, dan indikasi ini diperkuat juga dengan pernyataan COO Facebook.

Minggu lalu, seperti yang dituliskan oleh VentureBeat, COO Facebook, Sheryl Sandberg mengatakan dalam acara the Nielsen Consumer 360 conference, bahwa dimasa depan, email akan semakin ditinggalkan.

Salah satu alasan kenapa hal ini akan terjadi adalah, behaviour para remaja yang kini semakin jarang atau berkurang dalam menggunakan email, mereka lebih memilih SMS dan social networking.

Itu pola perilaku di U.S. dan mungkin juga negara maju lain, tapi bagaimana dengan pola perilaku pengguna internet, khususnya remaja di tingkat lokal? Saya pikir ada kemiripan, penetrasi ponsel serta adaptasi pengguna internet remaja di sini atas social network sangat cepat dan memberi dampak yang besar, tidak hanya bagi pasar lokal tapi juga pasar global.

Twitter, Facebook dan yang paling akhir adalah adalah Foursquare, adalah beberapa layanan yang menikmati pertumbuhan pengguna dari Indonesia. Kini orang berkomunikasi dengan medium social network, misalnya berbagi foto, berbagi link serta berbagi kabar serta lokasi dilakukan dengan Twitter, Facebook atau Foursquare, belum lagi penggunaan layanan lokal seperti Koprol misalnya.

Memang tidak semua pengguna remaja atau pemuda melek internet yang menentukan trend serta pergeseran budaya digital di sini, banyak juga internet savvy dari kalangan profesional, startup atau pun kalangan lain yang turut andil dalam pertumbuhan pengguna, penggunaan serta perkembangan teknologi web dan internet di sini dan mereka, saya yakin masih menggunakan email, termasuk saya sendiri.

Namun tidak dipungkiri juga, kalangan remaja serta kalangan dewasa muda punya andil besar dalam pertumbuhan internet lokal, termasuk dimasa depan.

Seperti yang dikatakan oleh Sheryl Sandberg, bahwa jika ingin melihat masa depan konsumsi teknologi termasuk internet, lihatlah remaja atau pengguna muda internet masa kini, lihat bagaimana mereka memperlakukan teknologi dan lihat bagaimana mereka berinteraksi di internet, dan sebagian besar dari mereka sudah mulai meninggalkan email.

Maka, dari pandangan ini, sepertinya Facebok memang tidak akan membuat layanan email mereka sendiri, setidaknya mereka lebih baik mengembangkan keunggulan mereka saat ini serta beberapa pengembangan fitur lain, misalnya seperti marketplace, location based service dan payment model yang lebih luas.

Dan bagi praktisi internet lokal, pandangan COO Facebook di atas bisa menjadi insight tambahan yang jika digabungkan dengan riset market lokal, bisa menjadi pengetahuan serta modal dalam menjalankan strategi mereka, baik itu para startup, developer atau praktisi marketing yang bergerak di bidang internet, karena setidaknya untuk penggunaan social network serta aplikasi berbasis web, selalu ada kemiripan pola perilaku pengguna.

Bagaimana dengan pendapat anda? Apakan email akan 'hilang' di masa depan? Apakah pengguna remaja atau dewasa muda kita semakin sedikit yang menggunakan email? Atau anda punya pendapat lain, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Untuk video presentasi Sheryl Sandberg, bisa dilihat di artikel VentureBeat, yang juga menjadi sumber tulisan artikel ini, di linkberikut.

Sumber gambar diambil dari sini dan sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again