13 May 2016

by Yoga Wisesa

Masih Ragu Membuat Tato? Tinta Ephemeral Bisa Bertahan Setahun Lalu Menghilang

Jika Anda tak mau menunggu setahun, developer sudah menyiapkan larutan removal khusus.

Bermula dari budaya orang-orang terdahulu di berbagai belahan dunia, tato kini diakui sebagai seni dan telah menjadi sebuah cara mengekspresikan diri. Tapi memutuskan buat membubuhkan gambar permanen di tubuh membutuhkan komitmen dan keberanian. Tak sedikit orang menyesal dengan keputusan mereka saat tinta sudah terlanjur masuk di kulit.

Tentu saja ada metode untuk menghapus tato, yaitu lewat bedah laser. Kendalanya, biaya serta rasa sakit jauh lebih besar dari proses tato itu sendiri, dan tak jarang menyebabkan kerusakan di kulit. Menariknya ada satu solusi mutakhir diajukan oleh perusahaan starup yang didirikan tim mahasiswa New York University: tinta unik bernama Ephemeral. Ia diaplikasikan layaknya tato standar, bertahan lama, kemudian bisa menghilang dari kulit.

Diperkenalkan perdana di acara Disrupt NY 2016 minggu ini, pada dasarnya Ephemeral mirip tato temporary dengan umur yang jauh lebih awet, namun penerapannya tetap memakai tattoo gun. Setelah ilustrasi dibubuhkan di kulit via jarum oleh seniman tato, gambar tersebut akan bertahan selama kurang lebih satu tahun, lalu segera pudar tanpa merusak kulit.

Tinta Ephemeral bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu setahun.

Via Tech Crunch, co-founder Ephemeral Tattoos Anthony Lam menjelaskan perbedaan antara tinta biasa dan kreasi mereka. Tinta tato bersifat permanen karena molekul pewarna terlalu besar untuk dibawa oleh sistem imun tubuh kita. Developer memanfaatkan molekul berukuran lebih kecil, lalu dimasukkan ke dalam struktur bulat yang cukup besar supaya tidak terbawa sistem imun. Dengan metode ini, tato dapat bertahan lama namun komponen pewarnanya mudah dibersihkan.

Ada dua cara untuk menghapus tato. Pertama, tunggu saja sampai ia lenyap. Atau kedua: tim NYU itu sudah menyiapkan larutan removal khusus jika Anda tidak mau menunggu setahun. Implementasinya mirip seperti prosedur menato (dengan tattoo gun), tapi tinta digantikan oleh zat removal. Larutan tersebut dapat dipakai buat membersihkan seluruh tato atau bagian tertentu untuk dimodifikasi.

Skema pemakaian Ephemeral.

Saat ini, Ephemeral Tattoos masih dalam tahap uji coba produk. Mereka telah mencobanya pada sel dan sedang mengetes tinta pada kulit babi - karena manusia dan babi mempunyai kesamaan genetik. CEO Seung Shin berharap untuk bisa segera menyediakan tinta Ephemeral di musim gugur tahun depan.

Ephemeral Tattoos masih belum menentukan seberapa harga yang mereka patok baik untuk tinta maupun larutan penghapus tato. Shin memperkirakan, konsumen akan diminta mengeluarkan uang sebesar US$ 50 sampai US$ 100 untuk gambar berukuran 'sedang'.

Sumber: Ephemeral Tattoos.