1. Startup

Masuki Usia Keenam, Bukalapak Ingin Rangkul Dua Juta UKM

Resolusi tahun 2016 Bukalapak ingin sejajar dengan pemain global lain

Tepat tanggal 10 Januari lalu, Bukalapak enam tahun beroperasi di Indonesia dan mengklaim telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Mulai dari tenaga kerja, UKM, nilai transaksi, hingga kunjungan ke situs. Kado lainnya yaitu diresmikannya kantor baru Bukalapak yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, oleh Menkominfo Rudiantara. Salah satu target Bukalapak di usia keenamnya adalah merangkul dua juta UKM Indonesia untuk bergabung dengan platform mereka.

Bukalapak berdiri sejak 10 Januari 2010 dan diprakasai oleh tiga orang, yakni Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan M. Fajrin Rasyid. Ide lahir Bukalapak sendiri muncul ketika banyaknya kawan yang sering tertipu ketika berbelanja online. Kini, Bukalapak telah memasuki usianya yang keenam.

Kini Bukalapak telah mempekerjakan lebih dari 250 pegawai dan mengklaim telah merangkul lebih dari 500.000 pelapak (penjual) dari seluruh Indonesia. Untuk jumlah kunjungan ke situs, Bukalapak mengklaim telah mendapatkan dua juta kunjungan pengguna internet tiap harinya. Nilai transaksi pelapak tahun 2014 ke 2015 juga diklaim naik 7 kali lipat, lebih tinggi bila dibandingkan tahun 2013 ke 2014 yang hanya mencapai 5 kali lipat.

CEO Bukalapak Achmad Zaky mengatakan, “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Indonesia atas dukungan dan kepercayaannya selama ini. Di usianya yang keenam, Bukalapak berkomitmen untuk memajukan industri e-commerce Indonesia dengan melibatkan para pelaku Usaha kecil Menengah (UKM serta berkontribusi dalam konsep smart city Indonesia.”

“Resolusi tahun 2016, Bukalapak ingin sejajar dengan pemain global lain. […] Kami akan tetap fokus di UKM untuk mengajak mereka bergabung. […] Target tahun ini [kami bisa] melompat enam kali lipat dari tahun kemarin, dari sisi nilai transaksinya. Kalau UKM, targetnya dua juta [yang akan diajak bergabung]. […] Kami rencananya dapat tumbuh 20 persen tiap bulan,” tambah Zaky.

Hari ini, Bukalapak juga secara resmi memperkenalkan kantor baru mereka yang bertempat di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Acara peresmian kantor Bukalapak yang bertema “Pasar Malam” tersebut turut dihadiri juga oleh Menkominfo Rudiantara dan beberapa blogger Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again