1. DScovery

Mata Uang Taiwan: Mengenai Pengertian, Sejarah, dan Simbolnya

Mungkin sebagian orang masih bingung membedakan taiwan dengan china karena sejarah panjang yang terjadi antara keduanya. Berikut ini penjelasan seputar mata uang taiwan yang dapat kamu pelajari, sehingga dapat membantu dalam membedakan kedua negara tersebut. Simak penjelasan berikut ini!

Taiwan memiliki julukan sebagai negara ilha formosa yang memiliki arti pulau yang indah, berdasarkan wilayahnya Taiwan berada di perbatasan terakhir negara China. Taiwan dikenal juga sebagai sebuah pulau yang terletak di bagian asia timur dan digunakan untuk merujuk pada pemerintahan Republik Tiongkok.

Taiwan memiliki mata uang yang dikenal dengan sebutan TWD atau Dolar Taiwan Baru yang telah dikeluarkan oleh bank sentral tiongkok. Berikut ini penjelasan selengkapnya yang bisa kamu dapatkan di bawah sini!

Pengertian Mata Uang Taiwan

Mata uang taiwan dikenal sebagai Dolar Taiwan Baru (TWD) sebagai nilai tukar resmi yang telah dikeluarkan oleh Taiwan. Dolar Taiwan Baru telah digunakan sejak tahun 1949 dan menjadi uang nasional pada tahun 200 pada saat Bank Sentral Tiongkok (Taiwan) mengambil alih dari Bank Taiwan.

Dolar Taiwan Baru (TWD) beredar di sejumlah wilayah Taiwan seperti, kepulauan pescadores, matsu, dan pratas sejak tahun 1949.  Penggunaan TWD ini diterbitkan untuk mengganti nilai tukar dolar taiwan lama dengan nilai tukar  $40.000 untuk 1 dolar baru, tujuan lain penerbitan mata uang Taiwan ini untuk mengakhiri hiperinflasi akibat perang saudara china.

Dolar Taiwan Baru memiliki penulisan simbol NT$ yang merujuk pada mata uang internasional. Mata uang taiwan berupat TWD memiliki klasifikasi nilai mata uang atau denominasi berupa uang kertas NT$100, NT$200, NT$500, NT$1.000, dan NT$ 2.000. Perlu diketahui juga bahwa Taiwan memiliki nama resminya sebagai Republik Tiongkok dan berbeda dengan Republik Rakyat China.

Sejarah Mata Uang Taiwan

Selama perang dunia II berlangsung Republik Tiongkok dipimpin oleh Chiang Kai-shek melalui partai nasionalis berupaya untuk menguasai Taiwan. Pada tahun 1946 telah dikeluarkan pula dolar taiwan yang disebut sebagai Dolar Taiwan Lama, mata uang ini mengenalkan jenis uang dengan nominal $ 1 dan $ 500 dengan potret Sun Yat-sen sebagai pendiri Tiongkok modern.

Terjadinya perang saudara china antara partai nasionalis dan komunis menyebabkan hiperinflasi sejak berakhirnya perang dunia II. Pada saat itu partai nasionalis yang dipimpin oleh Chiang Kai-shek meninggalkan partai komunis untuk membangun Republik Rakyat Tiongkok .

Seiring berjalannya waktu pada 15 Juni 1949, pemerintahan di provinsi Taiwan akhirnya mengganti mata uang Dolar Taiwan Lama dengan Dolar Taiwan Baru dengan nilai tukar  $40.000 untuk 1 dolar baru, pada awalnya penggunaan Dolar Taiwan Baru (TWD) hanya digunakan di Taiwan tetapi semakin meluas ke daerah yang dikuasai Republik Tiongkok seperti, Matsu, Dachen dan Kinmen.

Meskipun demikian, Dolar Taiwan Baru (TWD) saat itu masih belum dianggap sebagai mata uang nasional Republik Tiongkok atau Taiwan, dan baru berubah menjadi mata uang nasional tahun 2000 ketika Bank Sentral Republik Tiongkok (Taiwan) menggantikan Bank Taiwan. Saat ini mata uang taiwan memiliki uang kertas dan uang koin seperti, NT$100, NT$200, NT$500, NT$1.000, dan NT$ 2.000.

Simbol Mata Uang Taiwan

Untuk membedakan antara mata uang Dolar Taiwan Lama dengan Dolar Taiwan Baru, maka terdapat simbol yang secara umum dimiliki di Dolar Taiwan Baru (TWD). Berikut ini simbol-simbolnya:

  • Bunga Plum, merupakan simbol yang ada pada Dolar Taiwan Baru dan memiliki analogi sebagai perjuangan Republik Tiongkok dalam membentuk negara yang berdaulat. Pohon plum sendiri juga dianggap memiliki arti panjang umur dan kuncup bunganya mewakili tiga prinsip rakyat oleh Sun Yat-sen.
  • Bunga Teratai, merupakan simbol yang menggambarkan budaya Tionghoa dengan mewakili kemurnian, kebajikan, umur panjang dan kemakmuran. Simbol bunga teratai juga ditujukan sebagai simbol buddha atau buddhisme di Tiongkok.
  • Tiga teman musim dingin, merupakan simbol yang membahas mengenai pohon prem, pohon pinus dan bambu dimana ketiganya justru tumbuh subur saat musim dingin berlangsung. Hal ini dijadikan simbol dalam Dolar Taiwan Baru (TWD) mengenai ketahanan dan umur panjang saat menghadapi situasi geopolitik yang telah terjadi.
  • Sun Yat-sen, merupakan simbol dalam Dolar Taiwan Baru (TWD) sebagai tokoh yang mendirikan Republik Tiongkok (Taiwan). Pemerintahannya adalah pemerintah yang demokratis dengan tiga prinsip rakyat yaitu, nasionalisme, demokrasi dan mata pencarian rakyat.
  • Chiang Kai-shek, merupakan simbol dalam mata uang Taiwan dengan citranya sebagai pemimpin besar yang dihormati oleh banyak orang Taiwan. Ia merupakan pemimpin militer dan pemimpin Republik Tiongkok (Taiwan) yang mempersatukan Tiongkok pada tahun 1928.

Itu dia penjelasan seputar sejarah mata uang taiwan yang dapat kamu pahami mulai dari pengertian sampai simbol-simbol yang terdapat pada mata uang Taiwan, yaitu Dolar Taiwan Baru (TWD). Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again