Metode pembayaran memegang peran penting dalam pertumbuhan bisnis digital. Faktor keamanan, kemudahan, dan teknologi menjadi hal yang wajib dipertimbangkan untuk menghadirkan metode pembayaran yang banyak digunakan. Di era digital, banyak startup yang fokus menyuguhkan solusi metode pembayaran untuk melengkapi bisnis-bisnis yang sudah ada.

Salah satu bisnis yang menyuguhkan metode pembayaran ini adalah MatchMove. Perusahaan teknologi finansial asal Singapura yang didirikan Shailesh Naik dan Hsueh Huah Leow ini mencoba peruntungannya masuk ke pasar Indonesia yang dinilai potensial.

MatchMove memiliki ketertarikan untuk meningkatkan solusi pembayaran agar lebih menjangkau pasar yang kebanyakan tidak memiliki kartu kredit atau akun bank untuk melakukan pembayaran online.

MatchMove menyediakan solusi end to end enterprise payment untuk membantu startup, dan juga perusahaan besar, berupa solusi mobile wallet. Termasuk di dalamnya peer to peer transfer, remittance, channel top up, pembayaran virtual, dan beberapa fitur lainnya. Sistem API MatchMove diklaim sangat mudah diintegrasikan dengan sistem-sistem yang ada.

MatchMove dan pergerakannya di Indonesia

Sebagai layanan penyedia e-wallet, MatchMove bukan menjadi yang pertama di Indonesia. Kehadirannya di Indonesia tentu harus disertai strategi dan kelebihan untuk bisa bersaing. Menjawab hal ini, pihak MatchMove menjelaskan bahwa mereka adalah Wallet Operating System. Mereka menyediakan solusi untuk perusahaan atau startup membangun digital wallet mereka sendiri.

Disebutkan bahwa MatchMove telah menjajaki sejumlah kerja sama dengan beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia.

Untuk keunikan dan potensi pasar di Indonesia, MatchMove justru memberikan fokus lebih pada regulasi lokal yang ada. Sejauh ini teknologi finansial di Indonesia masih dalam tahap bertumbuh, baik dari para pemainnya maupun aturan-aturan di dalamnya.

“Kami melihat semua pemain di industri ini sebagai potential partner yang bisa melengkapi kekuatan mereka. Selain memungkinkan client untuk meluncurkan e-wallet mereka sendiri, kami juga mendukung e-wallet yang ada untuk bisa meningkatkan kemampuan mereka. MatchMove mendukung integrasi dengan jaringan global dan lokal, dan juga merupakan mitra MasterCard Worldwide. Operasi global kami memungkinkan kami memberikan pengalaman terbaik untuk Indonesia dan juga menghubungkan perusahaan Indonesia secara global,” terang Market Development & Corporate Affair Manager Arya Syahairudin.