1. Startup

Mbakdiskon.com, Layanan Daily Deals dari Jogja

Beberapa hari yang lalu saya mampir ke kota Jogja, meski tidak membawa oleh-oleh berupa bakpia atau gudeg namun saya membawa 'oleh-oleh' yang berhubungan dengan makanan serta penawaran yang berhubungan dengan gaya hidup.

Perkenalkan mbak asal Jogja yang memberikan penawaran daily deals atau kupon diskon untuk berbagai merchant yang ada di kota Jogja, Mbakdiskon.com.

Layanan yang diberikan memang hampir tidak berbeda dengan daily deals lainnya, penawaran potongan diskon dengan membeli kupon lewat situs mereka dengan alat pembayaran yang tersedia (transfer BCA / Mandiri, T-Cash dan menyusul PayPal), nantinya konsumen akan mendapat kode kupon yang bisa ditukar satu hari sebelum deal berlaku. Kupon hanya bisa ditukar ketika mencapai kuota tertentu, yang menjelaskan prinsip pembelian secara grup digunakan dilayanan MbakDiskon.

Sejauh ini penawaran yang diberikan oleh MbakDiskon juga hampir sama dengan layanan daily deals yang lainnya mulai dari spa dan tempat makan, ada juga penawaran potongan diskon dari distro serta beberapa penawaran lain.

Saya mengetahui situs ini dari beberapa teman saya yang ada di Jogja, ketika saya sedang berkunjung beberapa hari yang lalu. Satu hal yang menarik adalah peluang yang ada untuk layanan daily deals di kota Jogja, sejauh yang saya tahu layanan daily deals asal Jogja baru ada MbakDiskon (jika ada informasi tambahan pembaca DailySocial bisa memberi tahu kami) dan lokasi makanan cukup banyak di kota ini, yang membuat peluang semakin bertambah.

Meski penawaran jadi tidak berbeda dengan layanan sejenis, namun dari beberapa obrolan yang saya lakukan dengan beberapa teman dari Jogja, jika tempat makan atau penawaran yang disediakan cukup menarik, maka konsumen Jogja akan cukup tertarik dengan berbagai penawaran yang disediakan MbakDiskon.

Dari situs mereka bisa dilihat data kupon yang terjual sejak diluncurkan, sekitar bulan Februari, sudah berjumlah 308 kupon, tetapi sayangnya, kelengkapan yang ada di situs mereka masih belum dikerjakan secara maksimal, seperti halaman cara kerja yang masih belum di sediakan, padahal layanan daily deals tentu harus berfokus pada kepercayaan, baik untuk konsumen atau merchants.

Layanan daily deals lainnya juga belum banyak yang memasuki pasar Jogja, beberapa layanan daily deals yang saya lihat berfokus pada kota Bandung, Jakarta, Surabaya. Beberapa layanan daily deals sudah mencantumkan kota Jogja untuk menampilkan penawaran namun masih belum ada penawaran yang terjadi. Bisa jadi pangsa pasar Jogja memang belum sebesar kota besar lainnya, dan ada perbedaan kultur yang harus dipelajari oleh para pelaku daily deals, namun disisi lain, belum banyaknya deals seputar kota Jogja adalah peluang tersendiri, dengan penawaran yang unik dan berbeda bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Pertarungan di layanan daily deals memang memasuki babak selanjutnya ketika Groupon resmi memasuki Indonesia dengan mengakuisisi Disdus, meski belum terlihat strategi mereka, namun latar belakang jaringan Groupon bisa menjadi gambaran, di sisi lain, para layanan daily deals lainnya yang telah lebih dulu hadir memang telah memiliki pangsa pasar mereka sendiri, meskipun keaktifan dari masing-masing daily deals memang harus ditelaah kembali.

Inovasi dan kemungkinan jenuhnya pasar memang harus tetap di perhatikan, meski pangsa pasar penawaran memang sangat besar namun niche serta keunikan dari penawaran yang diberikan memang menjadi satu hal yang ditunggu dari para pemain layanan daily deals.

[english version for this post]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again