Categories

Interview

MDI Ventures Jelaskan Alasan Suntikan Dana ke Ematic

Faktor founder yang berpengalaman, produk, model bisnis, dan pangsa pasar yang menjanjikan menjadi alasannya

Prayogo Ryza - 26 February 2016

MDI Ventures baru saja menggelontorkan dana hampir $1 juta untuk pendanaan pre-series A kepada Ematic, salah satu startup yang berbasis di Singapura. Ematic pasca pendanaan ini juga mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan segera beroperasi di Indonesia. Pihak MDI Ventures menilai Ematic memiliki potensi yang cukup tinggi di Indonesia mengingat data pertumbuhan klien Indonesia yang cukup baik.

Ematic sendiri telah meresmikan kantor yang berlokasi di Jakarta. Kantor tersebut nantinya akan menjadi basis operasi di luar Singapura. Langkah ini diambil untuk membuka peluang Ematic mendapat lebih banyak klien di Indonesia.

CEO MDI Ventures Nicko Widjaja dalam rilis pers beberapa waktu mengungkapkan bahwa investasi mereka ke Ematic merupakan hal yang menarik Ematic dinilai mampu “mengganggu” perusahaan-perusahaan email marketing tradisonal.

“Sampai saat ini, kebutuhan email marketing masih ditangani dari perusahaan semacam email service provider. Metodologi ini terbukti sangat rendah ROI nya, tidak selalu akurat (bahkan annoying karena pemilik akun mendapatkan emailblast) dan sangat labor intensive. Ematic menjawab dengan berkurangnya spam karena email promo tersebut sampai ke target yang relevan,” ujar Nicko.

Nicko juga menjelaskan bahwa teknologi yang diusung Ematic adalah sebauh teknologi yang menggambarkan salah satu masa depan adtech di Indonesia. Ematic dinilai MDI Ventures memiliki sustainabilitas yang tinggi dan sudah memiliki model bisnis yang jelas untuk dikembangkan.

Sementara itu, soal mengapa tidak memilih startup sejenis dari Indonesia, Investment Manager MDI Ventures William Gozali yang dihubungi via surel menjelaskan, “Digital Advertising / Advertising Technology adalah industri yang sangat mature sehingga pemain serupa dari global banyak, tetapi uuntuk di Asia Tenggara, Ematic yang kami lihat solid dan spesifik (email marketing analytics untuk e-commerce).”

William juga memaparkan tiga hal yang menjadi alasan mengapa MDI Ventures akhirnya memberikan suntikan dana ke Ematic.

Pertimbangan pertama adalah produk yang unik dan spesifik. Ematic sebagai penyedia layanan analisis email marketing dinilai telah berhasil membuktikan produknya dengan growth traction, pertumbuhan klien dan (Monthly Recurring Revenue) yang bagus dalam setahun terakhir.

Pertimbangan selanjutnya adalah pasar yang potensial. Ematic secara spesifik menyasar perusahaan e-commerce. Di Indonesia sendiri industri e-commerce dan bisnis pendukungnya juga masih terus tumbuh, termasuk juga periklanan, dalam hal ini email marketing.

Sedangkan alasan terakhir adalah pengalaman Founder Ematic Paul Tenny yang sudah lama berkecimpung di dunia email marketing bisa membawa Ematic berjaya di industri email marketing.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter