22 December 2014

by Yoga Wisesa

MeArm, Robot Modular Kecil Yang Bisa Anda Rakit Sendiri

Andaikan teknologi robot lebih terjangkau, maka perkembangannya akan melesat lebih pesat: generasi muda dapat belajar sejak dini, dan para antusias diberi kesempatan lebih leluasa dalam berkreasi. Kabar baiknya, seorang visioner bernama Benjamin Gray berhasil melewati langkah pertama demi merealisasi ide robot rakitan murah yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang.

Melalui situs Kickstarter, Gray mempresentasikan MeArm, sebuah robot rakitan mungil berukuran tak lebih besar dari kantong celana Anda. Ia disuguhkan di harga ekonomis, dan diklaim bisa dibangun hanya dengan menggunakan obeng dan antusiasme. Tak cuma proses perakitan, sistem kendali ternyata juga sangat sederhana.

Dilihat dari desain keseluruhan, MeArm boleh dibilang merupakan miniatur dari robot industri berbentuk lengan sungguhan. Meski ia mudah dirakit bahkan oleh anak kecil, MeArm dapat digunakan sebagai medium edukasi robotik tingkat lanjut. Dan karena ia adalah proyek open source, semua file kode dan desain tersedia gratis, menunggu Anda untuk segera mengunduhnya. File meliputi skema laser cutting, software serta PCB (printed circuit board).

Sang pencipta mempersilakan Anda menggunakan rancangan-rancangan sebelumnya atau mengkombinasi yang sudah ada hingga menciptakan fungsi baru. Bagian terpenting dari robot mungil ini ialah MeBrain, board dengan dua joystick tempat Anda mengontrol lengan mekanik MeArm. Tapi jangan lupa sambungkan power supply untuk pasokan daya listriknya.

 

Info menarik: Mari Temui Asuna, Robot Berpenampilan Gadis 15 Tahun

 

MeBrain ialah device berbasis Arduino Leonardo. Bagaimana seandainya kita tak familiar dengan Arduino? Anda tak perlu memahami ekosistem Arduino untuk mengutak-atik MeArm, walau pengetahuan lebih dalam tetap saja memudahkan Anda berkreasi lebih jauh. Ia kini mungkin hanya sekedar robot berlengan tunggal, namun bayangkan betapa kerennya jika MeArm dipadukan bersama Multiplo atau Spider Tank.

Tujuan Benjamin Gray mempersembahkan MeArm adalah agar ia menjadi proyek robot paling terbuka dan paling mudah diakses. Timnya berharap lebih banyak sekolah dan institusi pendidikan menggunakan MeArm untuk segala macam mata pelajaran, dari mulai ilmu alam, teknologi, teknik sampai matematika. "Kami juga seharusnya menyertai ilmu seni ke dalamnya karena MeArm merupakan satu set robot artistik buah karya Jack Howard," tulis developer.

MeArm dijadwalkan untuk didistribusi pada para pemesan mulai bulan Mei 2015. Jika memilih membeli terpisah, bundel bagian lengan akrilik dan controller MeBrain masing-masing dijual seharga US$ 32. Tentu membeli satu setnya akan lebih murah, dibanderol hanya US$ 58. Buat memesan, silakan kunjungi website crowdfundingKickstarter.