Categories

Gadget

Mediatek Helio G95 Diluncurkan, Beda 100 MHz pada GPU

Spesifikasinya sama dengan pendahulunya, G90T

Dimas Galih W. - 2 September 2020

Segmen gaming saat ini sedang mendapatkan sebuah chipset baru dari Mediatek. Masih ditujukan untuk segmen smartphone gaming 4G premium, Mediatek memperkenalkan G95. Hal ini membuat G90T harus turun tahta sebagai cip gaming 4G terkencang dari Mediatek.

Bagi para penggemar game, MediaTek Helio G95 menawarkan kinerja lebih cepat dan fitur-fitur high-end seperti fotografi multi-kamera tingkat lanjut – maksimal 4 kamera, dengan AI processing unit (APU) terintegrasi. Chip ini menyediakan dukungan wake-up word ganda dan tampilan standar HDR 10, yang bisa ditingkatkan untuk mendekati kualitas HDR10+ secara real-time.

 “Segmen smartphone gaming memperlihatkan pertumbuhan yang stabil, dengan para pembuat perangkat yang terus menawarkan berbagai teknologi yang lebih baru dan lebih canggih bagi para penggemar game. MediaTek terus meningkatkan chip seri G miliknya untuk menawarkan kinerja hebat dan mediaTek Helio G95 merupakan chip gaming kami yang paling canggih saat ini,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

Mediatek Helio G95 dibuat dengan proses pabrikasi 12 nm oleh TSMC. Spesifikasi yang dimiliki ternyata mirip dengan Helio G90T. Keduanya menggunakan prosesor dua inti Cortex A76 dengan clock 2.05 GHz bersama enam core Cortex A55 berkecepatan 2 GHz. RAM yang didukung adalah LPDDR4X dengan penyimpanan internal UFS 2.1.

Perbedaan yang mendasar ditemukan pada kecepatan dari GPU-nya. Mediatek Helio G90T menggunakan GPU Mali G76 MC4 yang memiliki kecepatan 800 MHz. Untuk Helio G95, kecepatannya sedikit dipercepat menjadi 900 MHz. Tentunya, hal ini akan cukup membuat kinerja game sedikit terdongkrak.

Kedua cip juga sudah mendukung HyperEngine yang selama ini akan meningkatkan kinerjanya pada saat bermain game. Teknologi ini dapat memicu konkurensi Wi-Fi dan LTE, membuat koneksi menjadi lancar dan bebas-lag ketika bermain game. Teknologi ini juga memungkinkan opsi untuk menunda panggilan ketika bermain game tanpa hilangnya koneksi dan memastikan pengelolaan dinamis untuk CPU, GPU, dan memori

Helio G95 bakal pertama kali hadir pada seri Realme 7 yang akan diluncurkan pada bulan September. Tentunya, cip ini juga bakal hadir pada perangkat-perangkat mainstream lainnya di tahun 2020 ini.

Lini MediaTek Helio G Series yang berfokus di game terdiri dari G90 Series dan G95 yang baru ini, ditujukan bagi pengguna premium. Untuk perangkat game menengah, MediaTek memiliki chipset G85, G80 dan G70. MediaTek Helio G25 dan G35 difokuskan pada kategori smartphone mainstream.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter