Categories

Gadget

Mediatek Sediakan Chip 5G untuk Smartphone Murah

Bersiaplah, sebentar lagi jamannya 5G

Dimas Galih W. - 12 September 2018

Saat ini, beberapa vendor smartphone dan penyedia jaringan mulai menyiapkan pengganti dari 4G. Pada sisi jaringan, para penyedia jasa pun telah menyatakan kesiapan mereka untuk secara komersil dijalankan pada tahun 2019 nanti.

Dari sisi vendor, tiga pemain besar seperti Samsung, Apple, dan Huawei pun juga menyatakan kesiapan mereka untuk menyediakan perangkat dengan kemampuan 5G. Kesiapan mereka dikarenakan Qualcomm sudah memiliki modem untuk melakukan transfer data via koneksi kencang tersebut.

MTK5G

Nantinya perangkat-perangkat mahal pun bakal dapat melakukan transfer data via 5G. Bagaimana dengan perangkat-perangkat entry level?

Mediatek telah menyatakan kesiapannya untuk membuat modem 5G. Seperti biasa, Mediatek pun berkomitmen untuk menyediakan teknologi untuk perangkat yang memiliki harga terjangkau. Dan baru-baru ini, Mediatek mengumumkan sebuah purwarupa 5G pada sebuah pameran di Taiwan. Pada kuartal terakhir tahun depan, Mediatek bakal meluncurkan SoC 5G pertama mereka.

MTK

 

Mediatek mengumumkan chipset pertama mereka, M70 dengan kemampuan 5G. Chipset ini diproduksi dengan proses pabrikasi 7 nm dan akan mendukung standar 3GPP Release 15 sampai 5 Gbps. Mediatek juga mendemonstrasikan chipset tersebut pada acara 60th Anniversary of ICs di Taiwan.

Hal ini bakal membuat Mediatek sejajar dengan Qualcomm dan Huawei. Saat ini, Qualcomm telah memiliki X50 dan Huawei memiliki Huawei 5000.

Sumber dan gambar: Expreview.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter