Categories

Berita

Aplikasi Medika Mencoba Mudahkan Reservasi Praktik Dokter

Saat ini baru tersedia di sejumlah rumah sakit mitra di kawasan Jabodetabek

Yenny Yusra - 4 May 2017

Satu lagi startup layanan kesehatan hadir di Indonesia, kali ini digagas oleh PT Medika Cipta Digital. Layanan yang dikemas dalam aplikasi mobile Medika sesungguhnya tidak banyak berbeda dengan aplikasi serupa. Pengguna bisa melakukan mengecek profil dokter, klinik, dan rumah sakit di kawasan Jabodetabek. Mereka juga bisa melakukan reservasi untuk mengunjungi dokter di rumah sakit yang telah bergabung dengan Medika.

 

”Kami melihat bagi masyarakat urban, mengantri berjam-jam untuk bertemu dengan dokter telah menjadi suatu momok tersediri. Untuk itu kami hadir memberikan solusi untuk mempermudah masyarakat dalam bertemu dan berkonsultasi dengan dokter,” kata Founder dan CEO PT Medika Cipta Digital Danang Firdaus.

Selain rumah sakit, Medika juga menyediakan informasi klinik kecantikan dan klinik gigi. Semua informasi tersebut dapat di akses dengan mudah melalui aplikasi. Untuk membantu pengguna mendapatkan informasi yang relevan seputar dunia kesehatan, tersedia juga blog khusus dalam aplikasi mobile Medika.

Komunikasi dua arah pasien dan pihak rumah sakit

Berbeda dengan layanan startup kesehatan lainnya yang mulai membolehkan komunikasi langsung antara dokter dan pasien melalui fitur chatting atau video call, di Medika fitur tersebut tidak tersedia. Meskipun demikian, para pengguna bisa memilih dokter berdasarkan keahlian dan spesialisasinya, mengetahui jadwal dokter, dan kisaran biaya pengobatan.

Melalui fitur Booking Doctor pasien bisa menentukan waktu periksa dan bertemu dokter pilihan. Di sisi lain, melalui aplikasi Medika Connect for Hospital & Clinic, pihak rumah sakit dan klinik bisa mengetahui informasi kedatangan pasien. Hal tersebut memudahkan pihak rumah sakit untuk memberitahu pasien apabila terjadi perubahan atau keterlambatan dokter.

Di awal peluncuran aplikasi mobile yang sudah tersedia untuk platform Android dan iOS, Medika belum memiliki rumah sakit, klinik kecantikan dan klinik gigi dalam jumlah banyak. Ke depannya, Medika berharap bisa menambah lebih banyak klinik dan rumah sakit Jakarta dalam basisdatanya, termasuk rumah sakit ibu dan anak (RSIA) dan Rumah Sakit Jantung.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter