17 March 2016

by Oki Rosgani

Meizu Pro 6 Jadi Smartphone Pertama yang Ditopang Chipset Deca-Core

Kerja sama dengan Mediatek membuat Meizu punya hak eksklusif, setidaknya dalam beberapa bulan ke depan

Ketatnya persaingan produk smartphone di Tiongkok membuat Meizu sedikit berimprovisasi untuk menggebrak pasar, tidak hanya di kampung halamannya sendiri namun produsen elektronik yang sudah berdiri sejak tahun 2003 ini mulai merambah pasar global.

Tak heran jika kini sejumlah produknya telah merangsek ke berbagai kawasan, termasuk ke Indonesia. Dan kini, Meizu telah menyiapkan amunisi baru untuk siap bersaing dengan produsen lainnya melalui produk smartphone yang kabarnya bernama Meizu Pro 6.

Seperti yang  pernah kami kabarkan sebelumnya, rumor fitur pada smartphone ini salah satunya adalah fitur 3D Touch, sebuah teknologi yang memungkinkan bagi pengguna melakukan respon yang berbeda pada layar perangkat.

Informasi teranyar hadir terkait komponen chipset yang akan diusung oleh smartphone tersebut. Meizu telah mengumumkan buah dari hasil kerja sama ekslusif yang mereka lakukan dengan perusahaan pembuat microchip MediaTek.

Kabar menariknya, mereka akan menjadikan smartphone Meizu Pro 6 sebagai smartphone pertama yang akan dijejali dengan chipset Helio X25. Prosesor terbaru dan tercanggih buatan MediaTek yang mengusung kemampuan dapur pacu 10 inti (deca-core).

Kerja sama ekslusif ini juga telah menjadikan smartphone Meizu Pro 6 sebagai satu-satunya perangkat smartphone ber-chipset deca-core Helio X25 yang hanya akan ada dipasaran hingga beberapa bulan ke depan.

Dari rumor sebelumnya juga disebutkan bahwa smartphone Meizu Pro 6 akan hadir dengan spesifikasi yang cukup gahar, selain didukung dengan prosesor MediaTek terbaru di atas, smartphone ini akan hadir dalam dua varian kapasitas penyimpanan.Varian dengan RAM 6 GB dan memoryinternal 128 GB serta varian dengan RAM 4 GB dengan memoryinternal sebesar 64 GB. Sayangnya, belum ada informasi terkait harga jual dari smartphone ini.

Prosesor Helio X25 ini merupakan salah satu produk teranyar racikan MediaTek yang hadir dengan desain cluster 2 x Cortex A72 core dan 2 x 4 Cortex A53 serta dukungan modul grafis ARM Mali-T800 yang dapat digeber hingga 850 MHz.

Kendati memiliki sedikit persamaan dengan varian chipset Mediatek Helio X20, namun ada perbedaan mendasar dari kemampuan yang dimiliki oleh prosesor ini, beberapa diantaranya adalah kecepatan clock yang dimilikinya, jika chipset Cortex-A72 yang terdapat pada prosesor X20 hanya mampu berlari pada kecepatan maksimal 2.3 GHz serta kemampuan modul grafis yang mentok pada kecepatan 780 Mhz saja, maka chipset Helio X25 teranyar ini memiliki clock speed maksimal hingga 2.5 GHz.

Selain itu, prosesor Helio X25 juga telah hadir dengan dukungan LTE Cat 6 yang mampu mentransfer akses data hingga 300 Mbps, serta dukungan isi ulang baterai cepat (fast charging technology) berkat hadirnya teknologi Pump Express 3.0.

Sumber: Liliputing | Gambar Header: Meizu