16 May 2016

by Oki Rosgani

Meizu Siap Hadirkan Headset Virtual Reality 'Futuristik'?

Informasi yang ada menyebutkan bahwa headset VR racikan Meizu ini akan mampu bersaing dengan perangkat Gear VR milik Samsung

Virtual Reality (VR) telah menjadi 'barang baru' yang bisa dinikmati oleh para pengguna smartphone saat ini, dengan bantuan perangkat headset VR, para pengguna smartphone dapat menikmati konten dengan nuansa 3D dimana saja.

Tak heran jika perangkat headsaet VR ini kini telah menjadi pusat perhatian, begitu menariknya teknologi ini hingga mampu mendorong sejumlah pabrikan smartphone untuk menelurkan perangkat headset VR mereka masing-masing.

Tak terkecuali bagi Meizu, pabrikan elektronik asal Tiongkok ini pun dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat headset VR racikannya sendiri. Kendati demikian, belum ada informasi detail mengenai bentuk dan spesifikasi mengenai headaset VR seperti apa yang tengah mereka rampungkan.

Seperti yang kami kutip melalui PhoneReview, disebutkan bahwa perangkat headset VR racikan Meizu ini mungkin tidak akan sama dengan headset VR milik Oculus Rift ataupun HTC Vive, namun lebih jauh disebutkan bahwa perangkat headset VR ini telah digadang-gadang akan mampu bersaing dengan Gear VR, perangkat headset VR besutan Samsung.

Jika menilik dari gambar teaser yang terungkap melalui Weibo, perangkat headset VR besutan Meizu ini mungkin akan memiliki bentuk yang sedikit nyeleneh, alih-alih memiliki dimensi yang besar seperti produk headset VR yang ada di pasaran saat ini, perangkat VR racikan Meizu ini malah terlihat lebih mirip sebuah kacamata sport masa depan dengan ukuran yang sangat kompak.

Namun demikian, tidak ada informasi detail yang menegaskan apakah gambar tersebut merupakan sebuah gambar dari perangkat headset VR asli yang tengah digarap Meizu atau hanya sekedar gambar ilustrasi saja.

Info produk: Anda sedang mencari produk VR? Cek tautan ini untuk membeli cardboard. Atau tautan ini untuk VR dari Samsung dan tautan ini untuk VR lainnya. 

Info lainnya juga menyebutkan bahwa ada beberapa versi VR yang dikembangkan Meizu. Selain yang berbentuk futuristik, beberapa bentuk lain mirip dengan yang telah ada dipasaran sekarang. Meizu sendiri sebelumnya telah merilis versi cardboard mereka di Tiongkok dengan nama Depth VR.

Perangkat VR memang telah menjadi semakin populer sejak Google membagi-bagikan perangkat Google Cardboard pada perhelatan Google I/O 2014 lalu, sejak saat itu banyak developer merilis konten aplikasi yang lebih ditujukan untuk perangkat VR khusus smartphone atau yang kini lebih dikenal sebagai 'Mobile VR'.

Sebelumnya, firma analis dan riset pasar Amerika, IDC juga telah memprediksi bahwa angka pengapalan hardware VR akan melonjak naik dan diperkirakan akan menghasilkan pemasukan lebih dari $900 juta pada tahun 2016 ini.

Tak heran jika sejumlah pabrikan, termasuk Meizu, ingin ikut merasakan nikmatnya kue bisnis di ranah Mobile VR ini. Yang menarik tentu saja, apakah kabar berita ini hanya rumor semata atau Meizu memang sedang menyiapkan headset VR futuristik? Mari kita ikuti terus perkembangannya.

Sumber: PhoneReview, AndroidHeadlines, Whatsontech| Gambar Header: Gambar Teaser Headset VR dari Meizu (via Weibo)