1. Startup

Melihat Potensi Bisnis Berdasarkan Tren Kata Kunci Yahoo!

Sepanjang Ramadhan ini, kata kunci pencarian dengan menggunakan Yahoo! di Indonesia didominasi dengan hal-hal yang berkaitan dengan Ramadhan itu sendiri, baik dalam hal budaya di Indonesia maupun dalam hal ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Hal tersebut terungkap ketika Yahoo! Indonesia merilis 10 kata kunci yang menjadi tren selama bulan Ramadhan.

Daftar kata kunci ini mungkin tidak terlalu berguna untuk tahun ini. Mengingat sekarang sudah mulai memasuki akhir Ramadhan. Tetapi daftar ini bisa berguna untuk memprediksikan tren yang sama pada tahun depan.

Pemilik website, pengembang aplikasi maupun pemilik bisnis dapat memanfaatkan daftar kata kunci ini untuk membuat sesuatu yang bisa jadi tren tahun depan. Apa saja kata kunci tersebut, simak uraian berikut :

Zakat fitrah, jadwal imsakiyah dan jadwal puasa Ramadhan menjadi tiga kata kunci yang sering digunakan yang berkaitan dengan kegiatan beribadah umat muslim. Bagaimana jika membangun aplikasi untuk ini? Aplikasi untuk melihat jadwal puasa dan jadwal imsakiyah serta mempunyai fitur untuk mengingatkan kewajiban membayar zakat fitrah termasuk uraian tentang tata caranya. Meskipun terlihat sebagai pengetahuan dasar yang harus dimiliki umat muslim, ternyata permintaan tentang hal ini cukup banyak.

Pemilik bisnis seperti e-commerce mungkin tertarik dengan 3 kata kunci yang menjadi tren selama Ramadhan berikut: model baju gamis, butik busana muslimah, dan kaftan 2012. Naiknya kata-kata ini menjadi tren pencarian menunjukkan minat pengguna internet untuk mencari baju lebaran mereka melalui internet. Tren ini bisa bertahan bahkan berkembang untuk tahun depan. Pengusaha e-commerce bisa bersiap mengantisipasi tren ini dengan menyediakan koleksi yang sesuai dengan permintaan pasar.

Pengguna internet di Indonesia juga banyak mencari informasi dengan kata-kata kunci seperti Al Qur’an online, resep kue lebaran, resep buka puasa gratis dan info mudik gratis. Pengembang aplikasi dan pemilik web tentu bisa menjawab kebutuhan informasi pengguna internet ini dalam bidang mereka masing-masing.

Berdasarkan data dari Yahoo! Indonesia tahun ini, terbukti bahwa ada permintaan dari masyarakat. Sejumlah pihak yang saya sebutkan tadi bisa mengantisipasi tren ini, tentunya disesuaikan dengan situasi tren pada tahun depan, hingga bisa menyediakan apa yang diperlukan oleh pengguna internet dalam bulan puasa mendatang.

Gambar : Yahoo! Ramadhan Mubarak

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again