Nama adalah identitas pertama dari sebuah bisnis. Sebuah nama bisa mencerminkan citra atau gambaran umum dari sebuah bisnis. Meski terkesan sederhana pemilihan nama harus diikuti pertimbangan yang matang karena nama akan menjadi cara pertama menarik perhatian pengguna. Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk membantu bisnis memilih nama yang tepat sesuai kebutuhan.

Pilih nama yang sederhana dan tidak rumit

Untuk bisa menempati top of  mind masyarakat, nama sebuah bisnis sebisa mungkin dibuat sesederhana dan semudah mungkin. Mudah diingat, dilafalkan, atau diketik. Ketiga faktor tersebut membantu bisnis untuk bisa dengan mudah “nempel” di ingatan masyarakat luas meski ada beberapa faktor lain. Selain itu pemilihan nama yang sederhana dan mudah diharapkan mampu memudahkan proses pencarian (dengan menggunakan pengetikan) di internet. Kesederhanaan nama juga akan sangat membantu proses pembelian domain. Ini adalah branding pertama perusahaan di era teknologi.

Pastikan hindari nama-nama yang sulit dieja, misalnya dengan menggabungkan beberapa huruf konsonan sekaligus atau menggunakan nama yang memiliki arti negatif. Alih-alih menarik perhatian nama-nama tersebut bisa membawa kesan negatif pada brand atau bisnis.

Unik dan menggambarkan bisnis secara umum

Setelah nama yang sederhana dan tidak rumit, sebisa mungkin untuk memberikan nama yang unik dan menggambarkan bisnis secara umum. Keterkaitan nama yang menggambarkan segmentasi bisnis bisa membantu perusahaan menjelaskan bisnis apa yang sedang dikerjakan perusahaan tersebut. Hal ini bisa dibantu melalui penggambaran ikon, maskot, atau materi branding lainnya.

Dalam proses pemilihan nama perlu adanya research yang mendalam, baik untuk arti kata atau hal-hal lainnya. Usahakan mencari nama yang mudah dilupakan atau nama-nama yang sudah banyak dipakai.

Memilih nama dengan menyediakan daftar nama

Dalam proses pemilihan nama, usahakan menyediakan daftar pilihan nama. Selanjutnya minta pendapat orang-orang di sekitar atau keluarga mengenai nama-nama tersebut. Karena satu nama atau kata memiliki gambaran yang berbeda-beda di pemikiran orang-orang. Dengan menyediakan daftar nama dan meminta kerabat atau orang terdekat memilihkan nama Anda bisa mendapatkan dimensi atau gambaran yang berbeda dari nama-nama yang telah diajukan. Ini akan menghindari kesalahan persepsi atau makna ganda yang ditimbulkan dari pemilihan nama.

Setelah membuat daftar dan mengerucut dalam beberapa pilihan kecil, coba bayangkan diri Anda mempresentasikan bisnis dengan menggunakan nama-nama yang ada. Temukan mana yang nyaman dan cocok. Anda tinggal menjalankan strategi selanjutnya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.