1. Startup

Memotivasi Diri untuk Bekerja Keras

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat senantiasa semangat meraih tujuan dalam hidup

Pernahkah mengalami saat hari-hari terasa begitu penat? Badan begitu lemas untuk bagun di pagi hari? Atau bahkan merasa bad-mood ketika harus menjalani aktivitas? Itu semua tak lain disebabkan kurangnya motivasi diri. Motivasi menjadi salah satu bagian penting dalam menjalani hidup. Karena berbagai hal akan terasa sulit ketika seseorang tidak memiliki sesuatu yang "menggerakkan diri" untuk melakukan berbagai tugas.

Motivasi menjadi salah satu komponen utama untuk meraih sukses, untuk apapun itu. Mulai dari sukses dalam karier, berwirausaha, ataupun studi. Motivasi adalah apa yang membuat kita terdorong dan bersemangat untuk bertindak, menghadapi medan sulit yang harus dilalui. Lalu bagaimana kiat untuk memotivasi diri untuk senantiasa mau bekerja keras melakukan berbagai hal yang harus dijalani?

Berikut ini beberapa tips yang dirangkum pada sebuah diskusi di Quora untuk menjawab pertanyaan "bagaimana saya dapat memotivasi diri untuk bekerja keras?".

Menyikapi hambatan dengan bijak

Seringkali kita mengalami beban pikiran ketika dihadang sebuah masalah dalam menjalani tugas. Penolakan proposal, kesalahan penyusunan sistem ataupun kritikan dari klien kadang membuat kita merasa lemas dan kurang bersemangat. Ketika beban pikiran itu masih mengganjal, semangat menjadi hilang, dalam menjalankan aktivitas kita menjadi kurang bergairah.

Tak ada cara lain selain mencoba melihat hambatan tersebut secara lebih bijak. Ketika kita melihat sebuah masalah sebagai sebuah hal yang besar, dalam mindset kita akan dikatakan bahwa itu adalah sebuah hal yang sulit untuk dipecahkan. Berbeda saat kita melihat masalah tersebut sebagai bagian kecil dari apa yang telah kita lakukan, rasanya masih banyak hal lain yang bisa disyukuri dan membuat kita bersemangat untuk memperbaikinya.

Dengan menghargai pencapaian yang telah dilalui dan potensi diri, maka keluh kesah tersebut akan luntur, dan membuat kita bangkit kembali. Selalu berpikir, di luar sana masih banyak orang-orang yang memiliki masalah lebih besar dari kita, lihat dunia sekitar.

Pikirkan kembali tentang cita-cita dalam hidup

Ketika seseorang mempercaai apa yang ia lakukan akan berdampak baik, maka antusias itu akan bertumbuh. Selalu mencoba berpikir bahwa hidup kita terbatas, untuk mencapai cita-cita yang kita inginkan maka kita harus bekerja keras menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab. Hargai setiap waktu dalam hidup sebagai sebuah kesempatan unik untuk berkembang dan memperbaiki diri, sembari berjuang untuk merealisasikan apa yang dicita-citakan.

Berpikir sederhana tentang apa yang dikerjakan

Pada dasarnya ketika "upaya" + "konsistensi" maka akan menghasilan sebuah pencapaian gemilang. Jika kita membiasakan untuk konsisten dalam mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab, maka kita akan melihat kemajuan. Semua butuh dosis yang tepat, pun demikian ketika kiat melakukan aktivitas pekerjaan.

Sama halnya sebuah tumbuhan yang membutuhkan porsi yang tepat antara luasan tanah, pupuk, air dan sinar matahari untuk memekarkan bunga yang indah. Kita dalam bekerja juga demikian, hidup ini bukan tentang menempatkan sebuah usaha yang sangat keras, kemudian berhenti, namun lakukan secara perlahan, nikmati, namun konsisten. Maka semua itu akan terasa nyaman dan sederhana untuk dikerjakan.

Memfokuskan perhatian pada proses

Menempatkan perhatian terlalu besar kepada sebuah tujuan akhir seringkali menghadirkan stres dan kecemasan berlebih terkait dengan waktu eksekusi suatu pekerjaan. Ubah pola pikir ini untuk bisa mencintai dengan proses pekerjaan yang sedang berjalan. Seseorang akan menemukan motivasi lebih ketika berhenti berfokus pada tujuan akhir, dan mulai menikmati perjalanan yang dilalui.

Berproses sembari terus menatap pada tujuan

Ketika seseorang mengemudi, penting untuk menyadari apa yang terjadi di sekitar, tetapi juga penting untuk mengetahui ke mana roda melaju.

Sambil menikmati proses yang sedang berjalan, lihat apa yang menjadi tujuan jangka panjang dari apa yang sedang dikerjakan. Tak ada salahnya untuk meluanangkan waktu merayakan berbagai pencapaian yang sudah dilakukan, sebagai pengingat bahwa langkah yang sudah berjalan semakin pendek. Penting untuk mengenali kemajuan yang ditoreh, tak peduli seberapa kecil kemajuan itu, karena apa yang sudah dicapai adalah batu-batu loncatan menuju tujuan tersebut.

Kesehatan adalah segalanya

Bugarnya fisik kita menjadi salah satu awal yang baik untuk memulai hari. Dengan memanjakan tubuh untuk sehat, maka akan memudahkan bagi kita untuk memupuk semangat dalam mengerjakan berbagai tugas yang harus diselesaikan. Kesehatan mental juga penting diperhatikan untuk meningkatkan motivasi. Dengan membiarkan otak fresh, maka akan mempermudah kita fokus dan berkonsentrasi untuk melakukan berbagai hal, termasuk mendapatkan inspirasi untuk karya-karya kita.

Menerima tantangan baru dan mau belajar

Cari kesempatan tambahan untuk belajar, untuk terus tumbuh sebagai pribadi baik dan profesional. Temukan mentor jika diperlukan, atau belajar dari orang-orang yang menjadi inspirasi. Temukan berbagai tantangan baru, seharusnya internet sudah sangat memudahkan untuk ini. Cari cara baru untuk menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cerdas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again