1. Startup

Menanti Fasilitas Profil Bisnis yang Akan Dirilis Koprol Bulan Februari

Bersamaan dengan pengumuman tentang kerja sama dengan AdaDiskon hari Sabtu minggu lalu, Koprol juga ‘menyelipkan’ beberapa pengumuman lain tentang fitur baru yang akan mereka luncurkan. Salah satu pengumumannya adalah tentang fasiltas akun bisnis di Koprol. Informasi tentang akun ini sebenarnya telah muncul beberapa waktu lalu, setidaknya sejak bulan Desember 2010. Namun sepertinya Koprol kini semakin membuka pintu bagi para pemilik akun bisnis untuk membuat profil bisnis mereka di Koprol.
Seperti yang dituliskan Yahoo!, untuk membuat akun bisnis ini para pemilik bisnis diharuskan untuk melakukan permintaan khusus, jadi fitur ini masih dalam taraf beta, bisa jadi itu sebabnya belum terlihat banyak brand yang menggunakan akun di Koprol untuk berinteraksi dengan pengguna.

DailySocial juga mendapatkan tautan salah satu akun bisnis yang telah membuat profil khusus perusahaan mereka di Koprol. Tampilannya memang hampir mirip dengan lokasi bisnis, namun tidak terdapat fasilitas check-in, tetapi pengguna bisa follow akun tersebut layaknya fasilitas di akun pengguna umum. Kemudian setidaknya ada 3 menu utama yang menampilkan profil brand/akun bisnis, lokasi di mana tempat itu berada (dari sini pengguna bisa menuju tautan lokasi untuk melakukan check-in), serta menu fans, di mana ditampilkan pengguna yang menjadi fans dari brand tertentu. Fasilitas lain, yang dijelaskan Yahoo! akan hadir yaitu, fasilitas untuk melihat statistik per bulan. Sisi bisnis, dalam arti adalah pemilik brand atau akun beserta fasilitas lebih yang ditawarkan Koprol adalah salah satu yang ditunggu-tunggu, setidaknya untuk beberapa hal seperti kemunculan fasilitas diluar akun places (check-in) dimana brand bisa berinteraksi dengan pengguna mereka, memberikan layanan pada pengguna secara langsung, memuat update status diskon misalnya, atau memberikan penawaran yang berhubungan dengan merek atau service mereka. Jika statistik disediakan maka, brand/pemilik akun bisnis juga bisa mendapatkan feedback atas interaksi dengan pengguna. Sudah waktunya bagi Koprol untuk semakin mengembangkan fasilitas seperti ini, dan mendorong pemilik lokasi bisnis untuk menggunakannya, seperti yang dilakukan layanan lain, misalnya Foursquare. Pengguna locatioan based service sebagai medium promosi atau tempat berinteraksi dengan pengguna sepertinya masih kurang di Indonesia, padahal pengguna LBS di sini termasuk 'jempolan', artinya aktif dan terus bertambah. Koprol dengan user based lokal Koprol bisa memiliki pengguna yang cukup aktif juga dan bisa dimanfaatkan oleh pemilik brand, fasilitas seperti fitur geolocation via browser juga bisa memperkaya fasilitas akun bisnis dari Koprol. Akun bisnis akan diluncurkan secara resmi pada bulan Februari, jadi mari kita lihat bagaimana para pemilik bisnis memanfaatkan peluang ini, apakah tertarik untuk membuka akun profil mereka di Koprol?  Kita lihat juga bagaimana irisan antara social network - LBS - business side dari akun profil bisnis ini diterapkan dan digunakan para pengguna Koprol. Untuk yang tertarik membuat akun bisnis di Koprol bisa mengirimkan email ke beta[at]koprol.com.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again