Seperti yang
dituliskan Yahoo!, untuk membuat akun bisnis ini para pemilik bisnis diharuskan untuk melakukan permintaan khusus, jadi fitur ini masih dalam taraf beta, bisa jadi itu sebabnya belum terlihat banyak
brand yang menggunakan akun di Koprol untuk berinteraksi dengan pengguna.
DailySocial juga mendapatkan tautan salah satu akun bisnis yang telah membuat profil khusus perusahaan mereka di Koprol. Tampilannya memang hampir mirip dengan lokasi bisnis, namun tidak terdapat fasilitas
check-in, tetapi pengguna bisa
follow akun tersebut layaknya fasilitas di akun pengguna umum.
Kemudian setidaknya ada 3 menu utama yang menampilkan profil
brand/akun bisnis, lokasi di mana tempat itu berada (dari sini pengguna bisa menuju tautan lokasi untuk melakukan
check-in), serta menu
fans, di mana ditampilkan pengguna yang menjadi
fans dari brand tertentu. Fasilitas lain, yang dijelaskan Yahoo! akan hadir yaitu, fasilitas untuk melihat statistik per bulan.
Sisi bisnis, dalam arti adalah pemilik brand atau akun beserta fasilitas lebih yang ditawarkan Koprol adalah salah satu yang ditunggu-tunggu, setidaknya untuk beberapa hal seperti kemunculan fasilitas diluar akun
places (check-in) dimana brand bisa berinteraksi dengan pengguna mereka, memberikan layanan pada pengguna secara langsung, memuat
update status diskon misalnya, atau memberikan penawaran yang berhubungan dengan merek atau
service mereka.
Jika statistik disediakan maka,
brand/pemilik akun bisnis juga bisa mendapatkan
feedback atas interaksi dengan pengguna. Sudah waktunya bagi Koprol untuk semakin mengembangkan fasilitas seperti ini, dan mendorong pemilik lokasi bisnis untuk menggunakannya, seperti yang dilakukan layanan lain, misalnya Foursquare.
Pengguna
locatioan based service sebagai medium promosi atau tempat berinteraksi dengan pengguna sepertinya masih kurang di Indonesia, padahal pengguna LBS di sini termasuk 'jempolan', artinya aktif dan terus bertambah. Koprol dengan
user based lokal Koprol bisa memiliki pengguna yang cukup aktif juga dan bisa dimanfaatkan oleh pemilik brand, fasilitas seperti fitur
geolocation via browser juga bisa memperkaya fasilitas akun bisnis dari Koprol.
Akun bisnis akan diluncurkan secara resmi pada bulan Februari, jadi mari kita lihat bagaimana para pemilik bisnis memanfaatkan peluang ini, apakah tertarik untuk membuka akun profil mereka di Koprol? Kita lihat juga bagaimana irisan antara
social network - LBS - business side dari akun profil bisnis ini diterapkan dan digunakan para pengguna Koprol.
Untuk yang tertarik membuat akun bisnis di Koprol bisa mengirimkan
email ke beta[at]koprol.com.