Categories

Gadget

Mencari Peliharaan Yang Tak Merepotkan? Mari ‘Adopsi’ Ringo

Yoga Wisesa - 19 March 2015

Memutuskan untuk memiliki peliharaan ialah sebuah komitmen besar. Ia memerlukan perhatian, kasih sayang, dan pasokan makanan terus-menerus. Oh jangan lupa, Anda harus bertanggung jawab membersihkan kotoran dan menjaganya tetap sehat. Jika Anda cuma ingin bermain-main tanpa mau bersusah payah, gadget buatan Plum Geek ini bisa jadi alternatif.

Lebih dari enam tahun lamanya tim di belakang Plum Geek memproduksi komponen elektronik dan radio, kini keahlian tersebut mereka alihkan ke perangkat yang jauh lebih unik. Melalui platform crowdfunding Kickstarter, diperkenalkanlah Ringo oleh developer asal Portland itu. Ringo merupakan robot peliharaan lucu berpenampilan menyerupai kepik sebesar telapak tangan.

Ringo digarap berbasis platform Arduino UNO, dilengkapi beragam fitur apik. Ia mempunyai sepuluh pilihan perilaku, namun memungkinkan pengguna untuk membuat sendiri karakteristiknya. Di sana terdapat accelerometer dan gyroscope tiga poros, enam lampu LED RGB NeoPixel, sensor ambient dan inframerah, serta kemampuan mengeluarkan suara.

Info menarik: Budgee Ialah Robot Asisten Anda Saat Berbelanja

Kombinasi semuanya membuat Ringo seolah-olah hidup. Meski idenya terdengar kompleks, Ringo cocok untuk khalayak di seluruh rentang umur. Ia bersahabat bagi mereka yang awam soal pemrograman hingga para ahli berpengalaman. Papan sirkuitnya sangat mudah diutak-atik, begitu pula segi kode karena Plum Geek telah menyiapkan pre-load-nya lebih dulu.

Apa saja kemahiran Ringo? Ia mampu mengikuti cahaya senter, merespon sentuhan tangan (mundur, kabur, atau menoleh setelah disenggol), mengikuti garis atau lintasan, lalu dalam mode lain ia dapat kembali ke posisi semula ketika kita memutarnya. Warna lampu LED bisa dikustomisasi sesuka hati, bahkan sangat mungkin untuk membubuhkan perilaku hingga Ringo bertingkah layaknya peliharaan sungguhan.

Tak cuma itu saja, tiap unit Ringo mampu berinteraksi antar sesamanya. Ia dapat mendeteksi cahaya dan bayangan dalam jarak 360 derajat, memainkan bermacam-macam bunyi dan suara, hingga menjaga dirinya tidak jatuh dari ujung meja. Silakan oprek lebih jauh supaya Ringo keluar dari ‘kandang’ tiap Anda mendekat, atau di-setting agar bisa dikendalikan dengan remote TV.

Sudah lama co-founder Plum Geek Kevin King tertarik pada ide ‘peliharaan digital’. Yang paling mengagumkan adalah Ringo dimulai sebagai proyek main-main King bersama kedua buah hatinya. Kini putra-putrinya (baru duduk di bangku kelas satu dan tiga sekolah dasar) sudah paham menulis bahasa C code.

Ringo tak perlu diberi makan, ia mengambil tenaga dari baterai rechargeable lithium. Harganya pun lebih murah dari membeli kucing anggora ras murni, dijajakan cuma US$ 90 di situs Kickstarter.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter