1. Startup

Mendalami Peluang Ciptakan Dampak Positif Lewat Partisipasi Kamu di Ajang [email protected] 2022!

Bank OCBC NISP bersama dengan DailySocial.id mengajak kamu untuk menciptakan pengalaman banking yang inovatif

Di era digital yang semakin tak terbatas, setiap orang kini dapat berkontribusi baik dalam kehidupan bermasyarakat, maupun terhadap industri lebih leluasa. Tentunya peluang akibat era digitalisasi akan lebih terbuka lebar bagi pegiat teknologi yang memiliki inovasi nyata dalam ragam kreasi teknologi.

Transformasi digital ini dapat dimaknai sebagai integrasi teknologi digital ke dalam semua bidang bisnis, yang secara fundamental mengubah cara organisasi beroperasi dan memberikan nilai kepada pelanggan.Contohnya, dalam satu dekade terakhir banyak bermunculan startup-startup kreatif yang inovatif dan mampu memberikan solusi nyata mulai dari kehidupan bermasyarakat, hingga perekonomian secara umum.

Melalui ajang [email protected] 2022, Bank OCBC NISP bersama dengan DailySocial.id mengajak kamu untuk menghadirkan dampak positif melalui partisipasi kamu di ajang hackathon yang mendorong para talenta teknologi berbakat Tanah Air untuk menciptakan pengalaman banking yang inovatif.

Menyempurnakan Sistem Open Banking Untuk Masa Depan

Salah satu peluang yang dapat kamu ambil dalam partisipasimu di ajang [email protected] ini adalah kesempatan besar dalam menyempurnakan sistem open banking yang mutakhir, bagi masyarakat modern di masa mendatang.

Sesuai konsepnya, program [email protected] menargetkan seluruh talenta teknologi bangsa untuk dapat memberikan ide, atau karya inovasi kreatif yang nyata bagi industri keuangan yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat dengan tema hackathon yang berfokus pada sistem open banking.

Open banking merupakan sistem yang dirancang untuk menyediakan akses data perbankan pengguna, kepada layanan keuangan pihak ketiga melalui pemanfaatan teknologi Application Programming Interface (API). Sistem ini memungkinkan integrasi aplikasi pihak ketiga yang aman dengan layanan perbankan dan data pelanggan. 

“Open banking secara singkat adalah regulasi untuk exchange data sehingga integrasi yang dijalankan dapat lebih mudah dan efektif,” tutur Komang Arthayasa IT Division Head Bank OCBC NISP dalam pemaparannya pada roadshow [email protected] Jakarta awal Agustus lalu.

Capaian manfaat yang diharapkan dari open banking ini di antaranya yaitu mendorong inovasi layanan keuangan sehingga memudahkan proses transaksi dalam berbagai aktivitas yang membutuhkan layanan keuangan. Ada pula menciptakan sumber data komprehensif sehingga innovator dapat memanfaat sebagai big data untuk tujuan spesifik. Hingga membangun kepatuhan dan standar data yang tinggi serta kenyamanan maupun keyakinan konsumen dalam bertransaksi.

Turut Berpartisipasi Mendorong Pertumbuhan Industri UMKM melalui Kreasi Teknologi Keuangan

Berbagai pihak setuju bahwa salah satu pilar penting perekonomian Indonesia tak lepas dari peran sektor UMKM. Sektor ini memiliki dampak yang masif bagi perekonomian. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi.

Keuangan digital tentu tak luput menjadi salah satu pendorong pertumbuhan industri yang signifikan. Dikarenakan fungsi perbankkan yang kian tak terbatas di ranah digital dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat melalui Bank-as-a-Service (BaaS) jelas mengakselerasi pertumbuhan UMKM yang diharapkan dapat segera terdigitalisasi di masa mendatang.

Di ajang [email protected] 2022 ini, kamu juga memiliki kesempatan untuk turut menyumbang inovasi teknologi keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh siapa pun, termasuk untuk pelaku industri UMKM.

“UMKM sebagai tulang punggung dan potensinya masih sangat terbuka. We expect more from you sebagai entrepreneur masa depan untuk bisa merealisasikan potensi digitalisasi di Indonesia,” ujar Komang dalam kesempatan [email protected] Roadshow Jogjakarta beberapa waktu lalu.

Atas segudang potensi itulah serta keberadaan peluang dalam memberikan dampak positif yang nyata dari perhelatan ini sebagai praktisi teknologi sudah seharusnya dapat ambil bagian membangun iklim baru dalam dunia perbankkan di era digital.

Seperti jargon “talk less and act more”, inovasi brilian untuk berkontribusi menciptakan solusi kehidupan yang lebih baik di masa depan lewat solusi teknologi keuangan tak dapat menunggu. Ayo langsung daftarkan ide atau karya inovasi kamu dengan tim kamu sebelum batas pendaftaran di tanggal 11 September 2022. Perhelatan kompetisi [email protected] sudah hampir di depan mata. Let’s Bank Differently! Dan daftarkan diri kamu melalui tautan ini sekarang juga!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again