Categories

Business

Mendalami Pentingnya Efisiensi Bisnis Untuk Melewati Krisis

Banyak cara yang bisa diambil untuk melakukan efisiensi bisnis

Asti - 17 March 2021

Pandemi yang telah melanda satu tahun terakhir tentu masih memberikan dampak bisnis yang cukup beragam. Tak sedikit pula, dampak yang dirasakan oleh para pebisnis teknologi di Indonesia cenderung mengarah ke dampak negatif, yang membuat para founder harus bersiasat demi mempertahankan roda bisnis yang harus terus berjalan. Salah satu langkah untuk bisa survive dalam situasi di atas adalah efisiensi bisnis.

Bagi startup, banyak cara yang bisa diambil untuk melakukan efisiensi. Seperti misalnya dengan mengadopsi teknologi cloud dari sisi teknikal. Di sisi lain, efisiensi terkait permodalan, anggaran belanja, hingga biaya operasional dan lain sebagainya mungkin juga bisa jadi langkah yang harus diambil sebagai cara terbaik untuk bertahan.

Menyiasati anggaran untuk mewujudkan efisiensi yang optimal

Dalam efisiensi pembelanjaan modal, para pebisnis mungkin dapat menghapus atau mengalokasikan belanja modal yang tidak jadi prioritas utama ke hal lain yang lebih bermanfaat. Anggaran pembelanjaan modal di sini bisa melingkupi biaya investasi seperti pembelian alat produksi, pembelian aset bangunan dan sebagainya. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyiasati biaya operasional. Beradaptasi dengan kondisi saat ini, aset perangkat kerja seperti laptop menjadi opsi working tools karyawan pertama selama menjadi menjalankan sistem kerja jarak jauh (remote working).

Meski laptop adalah perangkat yang cukup efektif, namun hal tersebut justru bisa meningkatkan beban biaya operasional perusahaan, jika para pebisnis memilih keputusan yang kurang tepat. Misalnya dengan memborong perangkat laptop untuk diberikan kepada setiap karyawannya. Belum lagi ada biaya di luar aset seperti, tim IT Support yang memadai dan juga keperluan software resmi untuk menunjang pekerjaan.

Menyewa aset bisa jadi opsi terbaik ketimbang memiliki aset secara utuh

Lain halnya jika pebisnis memilih opsi lain seperti, menyewa laptop sebagai working tools karyawan. Selain alasan efisiensi yang efektif, perusahaan tidak perlu menambah biaya IT Support untuk menyelesaikan kendala yang terjadi pada perangkat tersebut. Sama seperti yang ditawarkan oleh Asani yang merupakan marketplace spesialis penyewaan laptop dan komputer untuk perusahaan.

Keuntungan menyewa seperti yang ditawarkan oleh Asani dipandang mampu meningkatkan upaya efisiensi perusahaan. Seperti misalnya meringankan beban arus kas di awal tanpa upfront cost, tidak adanya depresiasi nilai aset yang dimiliki, hingga keuntungan lain seperti penyewa tak perlu lagi dibuat sulit dengan biaya perawatan dan perbaikan yang kerap menggerus biaya operasional perusahaan. Asani menawarkan IT Support yang siap sedia memberikan pelayanan terbaik saat penyewa mengalami kendala apapun.

Dengan menggunakan pelayanan menyewa laptop, para pengusaha bisnis tidak perlu lagi memikirkan hal secara teknis dan biaya tak terduga. Misalnya dengan  memasukan dan upgrade software yang dibutuhkan, hingga menyelesaikan kendala saat terjadi masalah. Asani menawarkan segala kemudahan kepada perusahaan, sehingga setiap karyawan bisa langsung bekerja dan melakukan aktivitas tanpa gangguan dan biaya tambahan.

Asani hadir memberikan opsi terbaik yang lebih memudahkan dan efisien secara bisnis maupun teknis selama menjalankan remote working. Layanan yang ditawarkan oleh Asani sendiri cukup sederhana, namun bisa membantu pengusaha dalam upaya efisiensi bisnis yang maksimal. Dengan menerapkan sistem sewa bulanan, penyewa tak perlu lagi mengalokasikan biaya ekstra meliputi maintenance, laptop cadangan jika terjadi kerusakan, pembaruan hardware, dan lain sebagainya. Seluruh kebutuhan itu sudah ditangani langsung oleh Asani sebagai bagian dari layanannya.

Ingin mengetahui lebih lanjut perihal solusi efisiensi bisnis yang ditawarkan oleh Asani? Silakan kunjungi tautan ini untuk informasi selengkapnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id