DS: Komentar user sendiri tentang pengubahan tampilan dari Sribu.com?Kami langsung mengadakan
polling mengenai perubahan tersebut di FB.
So far 186 suka dan 40 tidak, 82 % memberikan hasil positif. Jadi kami asumsikan bahwa
users menerima
home page baru kami.
DS: Mungkin ini menjadi pertanyaan beberapa orang, sejak kapan Sribu.com diluncurkan?
Memang banyak yang bertanya akan hal ini. Sribu.com diluncurkan tanggal 11 Juni 2011. Meskipun masih baru, kami yakin website kami bisa memberikan kontribusi positif ke komunitas Indonesia, terlebih komunitas
design Indonesia.
DS: Berapakah jumlah user sekarang? Mungkin bisa dijelaskan secara spesifik jumlah client maupun desainer?User kami saat ini sekitar 4000
users terdaftar, dengan jumlah
designers sekitar 3000 lebih.
DS: Apa yang menjadikan latar belakang didirikannya Sribu.com?
Kami melihat bahwa banyak
designers di Indonesia yang handal namun tidak mempunyai kesempatan untuk memperlihatkan kebolehan mereka. Dan sebaliknya juga banyak perusahaan yang memerlukan jasa
design, namun sering tidak mendapatkan yang tepat meskipun sudah mengeluarkan banyak
expense. Maka dari sini kami mencoba mengakomodasikan kedua kebutuhan ini dan terciptalah Sribu.com.
DS: Apa kendala yang dihadapi Sribu.com saat ini?
Kendala yang kami hadapi adalah mengubah
mindset clients dari
traditional design method (outsourcing dan
in house designer) menjadi
future design method (crowdsourcing) dimana melalui
future design method,
design yang diinginkan baru akan didapat secara mudah dan akurat. Selain itu, kadang kami juga mendapati beberapa
user nakal, disini menjadi tugas web
admin kami untuk memastikan website tetap bersih. Masalah originalitas juga ada namun tidak banyak.
DS: Apa strategi selanjutnya dari Sribu.com?
Kami akan mencari lebih banyak
clients lagi ke depannya. Selain itu dari sisi pengembangan, kami akan senantiasa memperbaharui website kami dengan fitur-fitur baru untuk
designers dan
clients sesuai dengan
wishlist yang telah kami kumpulkan melalui
polling di FB. Pada akhirnya apabila komunitas kami sudah semakin besar dan maju, tidak tertutup kemungkinan untuk melirik ke mancanegara.
--
Perubahan tampilan Sribu.com kali ini
user dipermudah untuk menggunakan layanan ini, baik itu klien maupun desainer. Mungkin pendapat saya pribadi lebih nyaman dengan UX Sribu.com saat ini, dan dari UI-nya saya sendiri lebih nyaman dengan sebelumnya daripada UI Sribu.com saat ini.
Dari wawanca singkat dengan Ryan yang mengejutkan adalah jumlah
user yang meningkat drastis. Sejak diluncurkan dari tanggal 11 Juni 2011, hingga saat ini user berjumlah 4000 dan 3000 diantaranya adalah para desainer. Sungguh jumlah angka yang cukup mengejutkan. Mari kita lihat perkembangan selanjutnya dari Sribu.com, kini ketika pengguna telah cukup banyak (untuk ukuran layanan baru), pertanyaannya tentu dari sisi klien dan jumlah proyek
(contest) yang berputar di layanan tersebut.