17 December 2012

by wiku

Menilik Keyboard BlackBerry 10

Salah satu fasilitas yang cukup sentral dalam ponsel layar sentuh adalah keyboard. Meski mungkin pengguna akan lebih melihat bagaimana cara swipe menu atau tampilan lain, tetapi ketika membicarakan BlackBerry, keyboard menjadi salah satu bagian penting.

Salah satu keunggulan yang ada diperangkat BlackBerry (untuk versi Qwerty) adalah keyboard yang dimilikinya, meski BB 10 juga akan dirilis versi Qwerty namun vesi layar sentuh akan hadir lebih dahulu. Nah, RIM sudah mempersiapkan hal ini dan mencoba untuk memberikan pengalam penggunaan papan ketik virtual untuk layar sentuh BB 10 yang khas BB, dengan huruf putih dengan tombol hitam dan garis putih antar huruf.

Selain itu seperti yand dikutip dari TechRadar, RIM juga telah menyematkan fitur 'prediksi ketik' yang akan membantu memberikan saran kata, yang menarik usulan kata ini akan disesuaikan dengan kosa kata Anda sebagai pengguna.

Fitur lain yang akan disediakan pada BB 10 adalah 'predictive spacing'. Fasilitas ini akan membantu ketika Anda mengetik dengan cepat dan kelupaan untuk menekan tombol spasi. BB 10 akan mengetahui kata tanpa spasi tersebut dan akan secara otomatis akan memberikan spasi pada kalimat tersebut.

Menarik dan mungkin saja juga menarik bagi konsumen ketika BB 10 nanti telah resmi diluncurkan untuk konsumen. BB 10 sendiri adalah platform terbaru dari RIM dan akan disematkan pada perangkat terbaru mereka yang akan diluncurkan ada tanggal 30 Januari tahun depan.

Simak video demo berikut.