1. Startup

Menentukan Metrik Startup yang Dicari Investor

Belajar dari pelaku dan pendiri startup internasional yang sukses

Tidak mudah untuk membangun startup yang stabil, berpotensi untuk dikembangkan dan memiliki target pasar yang tepat, dibutuhkan banyak hal terkait yang pada akhirnya menentukan keberhasilan sebuah startup.

Jika saat ini Anda seorang Founder dan merasa kewalahan menjalankan bisnis yang ada, artikel berikut ini bisa membantu Anda menjawab semua pertanyaan terkait dengan metrik bisnis ideal untuk startup kepada pelaku dan pendiri startup yang sudah mapan dan berhasil menjalankan bisnisnya hingga sukses. Dirangkum secara lengkap oleh Product Hunt dalam halaman Medium-nya.

Growth vs teknologi

Saat ini kebanyakan investor hanya fokus kepada growth dan metrik bisnis saja yang terbilang sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diwujudkan, namun demikian banyak juga startup yang sejak awal justru memilih untuk membangun produk dan mengedepankan teknologi terkini. Menanggapi hal tersebut Partner at Greylock dan mantan CEO Mozilla John Lilly menegaskan:

"Coba temukan investor atau pihak-pihak terkait yang percaya sepenuhnya dengan visi Anda sebagai pemilik startup, ajak mereka untuk membangun bersama bisnis yang ada. Lakukan penggalangan dana dan jangan terlalu sering "membakar uang", yang paling penting adalah apa tujuan utama Anda membangun startup."

Metrik produk yang dicari oleh investor

Saat ini mungkin Anda merasa telah memiliki produk yang ideal dan berpotensi untuk diinvestasikan, namun demikian faktanya sulit untuk menemukan investor yang tertarik untuk berinvestasi dengan produk yang diciptakan. Menanggapi hal tersebut John Lilly kembali berbagi informasi dan pengalaman terkait dengan produk metrik yang dicari oleh kebanyakan investor untuk startup.

"Pada umumnya investor mencari produk yang bisa diadopsi secara organik dan disukai oleh orang. Pastikan produk tersebut memiliki kualitas lebih dibandingkan dengan kuantitas, setelah investor memutuskan untuk berinvestasi, biasanya investor akan berkontribusi lebih banyak dalam manajemen yang dijalankan startup, fungsi kami sebagai investor adalah membantu startup untuk berkembang ke arah yang positif."

Menentukan evaluasi metrik investasi

Masing-masing vc memiliki cara serta strategi yang berbeda saat hendak menentukan evaluasi metrik investasi di startup, namun demikian pada umumnya mereka memiliki tim yang khusus untuk melakukan analisa dan melihat semua potensi yang ada. Seperti yang ditegaskan oleh Partner Greylock Josh Elman:

"Menentukan metrik di awal pertumbuhan merupakan hal yang sulit untuk dicermati, dalam hal ini biasanya investor melihat dari sisi adanya pengguna atau komunitas yang cukup kecanduan dengan produk yang dibuat, namun demikian yang juga menjadi penentu metrik dari pengguna adalah ketika produk tersebut telah digunakan secara aktif dan rutin oleh jumlah pengguna yang masih kecil namun berpotensi untuk menjadi besar."

Menentukan metrik untuk pengguna

Ada beberapa aspek penentu yang dicari investor saat startup sedang melakukan pendanaan tahap seed terkait dengan software pengguna. Seperti yang diuraikan oleh Founder 500 startup Dave McClure berikut ini:

  • Apakah ada pengiriman produk?
  • Apakah ada pengguna atau pelanggan?
  • Seperti apa pengalaman mereka? Apakah mudah untuk "mengaktifkan" atau menggunakan produk, layanan atau aplikasi?
  • Berapa banyak pengguna atau pelanggan yang "aktif " dan terus datang kembali? seperti apa retensi pengguna?
  • Apakah cash-flow berjalan dengan baik untuk saat ini atau baru terlihat nanti?
  • Bagaimana rencana Anda untuk mengembangkan bisnis? langkah apa yang saat ini telah dilakukan, yang berpotensi untuk skalabilitas dan menguntungkan?
  • Apakah Anda yakin bisnis bisa mendatangkan investor dan berpotensi untuk diakuisisi?
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again