1. Startup

Menentukan Skalabilitas Startup

Mencermati perlu atau tidaknya sebuah startup melakukan proses skalabilitas

Saat ini mungkin Anda sedang merencanakan untuk melancarkan skalabilitas bisnis startup, dengan alasan yang beragam dan tentunya untuk kemajuan dari startup itu sendiri. Skalabilitas menjadi langkah yang idealnya wajib dilakukan oleh sebuah startup untuk bisa mendapatkan profit dan valuasi yang besar jumlahnya, namun demikian menurut artikel yang ditulis di blog pribadi Jon Westenberg, tidak semua startup harus memaksakan proses skalabilitas untuk startup mereka.

Ketika beberapa startup atau perusahaan teknologi lainnya telah berhasil melalui skalabilitas dengan cara tertentu, belum tentu proses tersebut ideal dan sesuai untuk bisnis Anda. Masih banyak proses dan aspek lain yang bisa dicermati untuk kemajuan dari startup Anda, seperti yang diungkapkan oleh Jon Westenberg,

“Memang benar saat ini kebanyakan dari venture capital enggan untuk berinvestasi kepada startup yang tidak memiliki ruang untuk proses skalabilitas, namun asumsi ini masih diperdebatkan kebenarannya, semua pilihan kembali lagi kepada Anda pemilik startup untuk menentukan pilihan yang tepat.”

Sebelum Anda memutuskan untuk mendirikan sebuah startup coba perhatikan 3 poin penting berikut:

1.Apakah startup akan menghasilkan uang?2.Apakah startup yang didirikan bisa memberikan Anda kebanggaan?3.Apakah Anda menikmati bekerja di startup?

Kesimpulan dari 3 poin di atas adalah, sejauh mana bisnis yang Anda jalankan bisa menghasilkan, seberapa besar aset yang Anda miliki bisa memberikan rasa bangga dan prestise untuk Anda sebagai seorang Founder dan tentunya Anda harus menikmati semua proses, pekerjaan serta rencana yang akan diwujudkan di startup milik Anda.

Bisnis yang tepat adalah bisnis yang ingin Anda ciptakan

Saat ini kebanyakan pemilik startup beranggapan untuk bisa mengembangkan startup proses skalabilitas harus bisa dilancarkan. Untuk bisa mewujudkan rencana tersebut berbagai cara pun dilakukan, mulai dari mempekerjakan tim dalam jumlah yang besar hingga membangun kantor yang dilengkapi dengan fasilitas  beragam dan teknologi paling canggih.

Namun demikian jika saat ini Anda masih belum bisa mewujudkan semua hal tersebut, fokuslah kepada growth, pendapatan dan ketahanan dari bisnis yang Anda miliki. Skalabilitas tidak melulu menjadi target utama Anda untuk mengembangkan bisnis.

“Membangun bisnis yang benar adalah bukan yang diinginkan oleh semua orang namun yang Anda (Founder) inginkan, bisnis yang bisa Anda lihat perkembangannya dalam waktu 10 hingga 15 tahun kedepan, bisnis yang Anda impikan dan memiliki masa depan dan potensi yang cerah dalam jangka panjang.”
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again