16 April 2014

by Yoga Wisesa

Mengakses Konten Dunia Digital dari Pergelangan Tangan Anda dengan Rufus Cuff

Masing-masing wearable device biasanya dibuat untuk fungsi khusus: augmented reality, kesehatan, olahraga dan lain-lain. Lalu bisakah sebuah perangkat wearable memberikan Anda keleluasaan akses seperti yang ditawarkan platform mobile? Menurut developer Rufus Labs, produk Rufus Cuff mereka dapat melakukannya.

Rufus Cuff ialah perangkat wearable dengan fungsi dan fleksibilitas tinggi. Dikenakan layaknya sebuah jam tangan, Rufus Cuff bukan hanya mengadopsi ide smartwatch, namun juga mengadaptasi kemampuan personal communicator. Dan sang developer menyebut Cuff sebagai salah satu inovasi dalam perangkat Wrist Communicator.

Jadi kemampuan apa saja yang dimiliki Rufus Cuff? Pada dasarnya perangkat ini adalah ektensi dari perangkat bergerak yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan Cuff untuk berkirim pesan, menjelajahi web hingga melakukan video call. Untuk mendukung fitur terakhir ini, Rufus Labs membenamkan komponen-komponen seperti mic, speaker dan kamera di dalamnya.

 

Info menarik: SELFIE, Cermin Canggih untuk Anda yang Gemar Ber-selfie

 

Rufus Cuff tetap membutuhkan koneksi nirkabel dengan perangkat ber-platform iOS dan Android agar Anda bisa memanfaatkan seluruh fitur yang dimilikinya. Dengan begitu Anda bisa mengakses dunia maya, membaca berita dan mendapatkan informasi cuaca secara real-time. Rufus Cuff juga memberikan penggunanya notifikasi app dan kemampuaan mengirim pesan langsung melalui layar sentuh.

Bukan itu saja, perangkat ini mendukung kemampuan voice command seperti Siri dan Google Now. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan handset dari tas atau kantong untuk berinteraksi dengan Siri. Seperti layaknya smartphone, notifikasi ditandakan dengan getaran dan lampu LED. Dan Anda bisa memanfaatkan LED ini sebagai penerang dalam gelap.

Walaupun bisa dibilang merupakan ekstensi perangkat pintar, Rufus Cuff sepenuhnya berjalan dengan sistem operasi Android. Dan itu artinya perngkat ini didukung penuh marketplace Google Play dengan akses ke ratusan ribu aplikasi. Rufus Cuff juga menyajikan feed langsung dari sosial media, laman-laman web favorit, dan Anda bisa berkirim pesan langsung melalui WhatsApp hingga Skype.

 

Info menarik:

 

Hebatnya, Rufus Cuff juga merupakan device mandiri yang memiliki fungsi GPS, sensor accelerometer hingga gyroscope. Anda bisa menjalankan app-app seperti Strava, RunTracker dan Endomondo via Rufus Cuff dan menggunakannya sebagai alat pelangkap fitness.

Rufus Cuff memberikan akses penuh ke smartphone Android dan iOS dengan memanfaatkan konektivitas Bluetooth 4.0. Anda bisa mengelola playlist musik, bahkan memicu tombol shutter kamera ponsel dari jarak jauh. Dan konektivitas ini juga berfungsi sebagai kemampuan pengaman: jika tidak sengaja meninggalkan smartphone di tempat umum, Rufus Cuff akan mengingatkan Anda.

Hal menarik lain yang dimiliki Wrist Communicator ini adalah - berbeda dengan banyak smartwatch yang sudah dipasarkan - Rufus Cuff ternyata merupakan perangkat tahan air. Walaupun saya belum tahu apakah perangkat ini bisa digunakan sambil berenang, tapi setidaknya Anda bisa mengecek pesan masuk saat hujan. Rufus Labs masih berupaya agar produk mereka ini mendapatkan sertifikasi IPX7, untuk kemampuan tahan air yang lebih canggih.

Lalu bagaimana jika ternyata Anda tidak memiliki smartphone yang memadai? Jangan khawatir, Rufus Cuff juga bisa tersambung ke internet dengan koneksi Wi-Fi.

Produk ini dikembangkan melalui layanan crowdfundingIndiegogo. Jika target stretch berhasil terpenuhi tepat waktu, Rufus Cuff rencananya akan didistribusikan pertama kali kepada para backer bulan September nanti. Anda bisa simak spesifikasi lengkapnya di bawah.