21 March 2017

by Yoga Wisesa

Mengambil Foto Close-Up Ialah Spesialisasi Kamera Lomo'Instant Automat Glass Magellan

Lomo'Instant Automat Glass Magellan merupakan kamera pertama di kelasnya yang dilengkapi lensa wide-angle dan level aperture terluas.

Kehadiran teknologi digital memang merevolusi ranah fotografi, namun tak berarti orang berhenti menggunakan kamera instan. Ia kini menjadi perangkat niche, dan di tahun 2014, Lomography mengenalkan rival dari Fujifilm Instax, yaitu lineup kamera bernama Lomo'Instant. Introduksi tersebut ternyata sukses, via Kickstarter, Lomography berhasil mengumpulkan modal US$ 1 juta lebih.

Dan di bulan Maret ini, Lomographische AG menyingkap Lomo'Instant Automat Glass Magellan, sebuah kamera instan yang membuat foto-foto khas lomography jadi lebih unik lagi. Alasannya? Lomo'Instant Automat Glass Magellan merupakan kamera pertama di kelasnya yang dilengkapi lensa wide-angle dipadu level aperture paling luas. Lewat setup ini, sang produsen menjanjikan hasil jepretan 'tajam dan berani'.

Lomo'Instant Automat Glass Magellan mengusung desain kotak ala kamera-kamera instan klasik dengan tubuh berwarna hitam, di mana Anda disuguhkan optical viewfinder dan flash build-in. Di balik penampilan 'jadul' tersebut, kamera menyimpan banyak fitur modern: dari mulai mode automatic sampai tutup lensa yang dapat berperan sebagai remote control infrared shutter.

Bagian lensa adalah elemen yang membuat Lomo'Instant Automat Glass Magellan berbeda dari kamera instan ataupun lomography lain. Dengan aperture lebar di f/4.5, ia sangat andal untuk mengambil gambar di kondisi kurang cahaya, bahkan tanpa bantuan flash. Automat Glass Magellan juga sanggup menangani skenario-skenario foto close-up di jarak terdekat 30-sentimeter tanpa kehilangan detail - cocok buat potret wajah.

Selanjutnya, Lomography turut melengkapi lensa 38mm di Lomo'Instant Automat Glass Magellan dengan coating multi-layer, dimaksudkan untuk meminimalisir pantulan dan membantu mempertajam hasil foto. Saat setting otomatis diaktifkan, kamera mampu menyesuaikan tingkat aperture, shutter speed dan output flash secara pintar agar Anda memperoleh gambar terbaik.

Selain itu, Lomo'Instant Automat Glass Magellan turut dibekali berbagai macam 'fitur kreatif'. Anda bisa bereksperimen dengan Splitzer, Close-Up Lens Attachments, mode bulb (maksimal 30 detik), mode multiple exposure, sampai filter flash Color Gel. Kamera juga dapat dipasang ke tripod, dan Anda dipersilakan menggunakan remote control shutter buat mengambil gambar dari jauh.

Agar bisa bekerja, Lomo'Instant Automat Glass Magellan membutuhkan dua buah baterai CR2, dan mencetak gambar di film Fujifilm Instax Mini (tidak dibundel dalam paket penjualan).

Lomo'Instant Automat Glass Magellan sudah bisa Anda pesan di situs Lomography, dijual seharga US$ 190, rencananya akan tersedia mulai pertengahan bulan April 2017.