1. Entrepreneur

Maksimalkan Potensi Penjualan Produk Anda di Aplikasi APS

Ini Dia Panduan Mengelola Penjualan Produk di Aplikasi APS untuk Pemula

Aplikasi APS adalah aplikasi yang membantu para pelaku usaha untuk mengelola bisnis mereka secara digital. APS memiliki beragam fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efisiensi bisnis. Dengan begitu, waktu dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dialokasikan untuk kegiatan lain.

Anda dapat melakukan uji coba gratis untuk mengetahui apakah Aplikasi APS ini cocok dengan kebutuhan bisnis Anda. Artikel ini akan memberi panduan bagi Anda yang mencoba fitur demo gratis penggunaan aplikasi APS untuk mengelola penjualan bisnis Anda. Simak panduannya dibawah ini, ya!

Panduan Mengelola Penjualan di Aplikasi APS

  • Buka Aplikasi APS dan silakan login ke akun APS Anda. Klik Semua Fasilitas untuk mulai mengelola penjualan

  • Pilih menu pada kolom penjualan yang ingin dikelola

Terdapat berbagai pilihan menu pada kolom penjualan, seperti menu kasir, pesanan pelanggan, pesanan online, retur penjualan, laporan penjualan, laporan pesanan pelanggan, laporan pesanan online, dan delivery order.

Menu Kasir berfungsi untuk menyelesaikan transaksi pelanggan, Pesanan Pelanggan berisi daftar produk yang dipesan oleh pelanggan, Pesanan Online berisi daftar pesanan pelanggan yang dilakukan melaui aplikasi secara online, Retur Penjualan akan mencatat segala proses pengembalian produk, Laporan Penjualan berisi rekap daftar penjualan yang telah dilakukan beserta update proses pengiriman produk, Laporan Pesanan Pelanggan memuat rekap produk pesanan pelanggan, Laporan Pesanan Online berisi rekap pesanan yang dibuat secara online dan dapat dengan mudah ditemukan dengan fitur pencarian berdasarkan nama konsumen atau nomor pesanan, dan Delivery Order.

Cara Mengakses Laporan Performa Bisnis

  • Login ke akun APS Anda, lalu klik Lihat Dashboard

  • Pilih kategori laporan yang diinginkan

Anda dapat mengatur periode tanggal dari laporan yang ingin diakses, kategori laporan, dan kategori evaluasi. Terdapat tiga kategori laporan, yaitu laporan penjualan, laporan keuangan, dan laporan produk. Pada laporan penjualan akan ditampilkan jumlah total laba, retur penjualan, penjualan kotor, penjualan bersih, diskon, dan pesanan pelanggan. Anda dapat memilih kategori evaluasi berdasarkan jam, hari, dan bulan.

Pada laporan keuangan terdapat rekap uang tunai secara detail. Untuk membukanya, klik menu Detail pada kolom Rekap Uang Tunai. Halaman ini akan menampilkan sumber pembayaran pelanggan, update saldo kas bank, pemasukan dan pengeluaran, sumber transaksi, pendapatan lain-lain, dan beban lain-lain.

Kategori terakhir adalah Laporan Produk. Kolom atas halaman ini akan menampilkan kategori top produk berdasarkan kuantitas, omset, dan laba. Anda dapat memilih total top produk yang ingin ditampilkan. Kolom selanjutnya akan menunjukkan stok produk, kuantitas stok, nilai stok basis HPP, dan nilai stok basis harga jual. Kolom terakhir berisi tentang stok opname yang terdiri dari beban selisih persediaan dan pendapatan selisih persediaan.

Itulah panduan untuk mengelola penjualan di Aplikasi APS. Jika Anda adalah pemula yang baru bergabung dengan APS, Anda bisa melakukan eksplorasi lebih banyak terkait fitur, layanan, dan penggunaan aplikasi APS untuk bisnis Anda. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again