1. DScovery

Mengenal Basic Excel: Row, Column, Range

Penting untuk mengetahui basic Excel karena ini adalah program yang paling umum. Simak artikel ini untuk mengenal row, column, dan range pada Excel.

Saat kamu menggunakan aplikasi Ms. Excel, kamu akan sering menemukan ketiga istilah ini; row, column, dan range.

Banyak orang bingung tentang perbedaan antara istilah-istilah ini. Semuanya digunakan untuk mendeskripsikan grup sel pada spreadsheet Excel, tetapi masing-masing memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda.

Berikut ini adalah penjelasan terkait istilah-istilah tersebut.

Row pada Excel

Row atau baris di Microsoft Excel adalah garis horizontal yang membentuk spreadsheet kamu. Jumlah baris dalam spreadsheet berbeda-beda bergantung pada cara penyiapannya.

Setiap baris berisi bidang data yang berbeda, yang dapat berupa teks atau angka. Kamu dapat memilih beberapa baris sekaligus menggunakan mouse untuk menyeretnya, atau dengan menekan Ctrl+Shift+Panah Bawah atau Ctrl+Shift+Panah Atas.

Fungsi row di Excel adalah memungkinkan kamu menentukan apakah sel tertentu terletak di baris tertentu. Ini dapat berguna saat kamu bekerja dengan data dalam jumlah besar dan perlu menemukan baris tertentu dengan cepat.

Kamu tidak harus menggunakan semua baris dalam spreadsheet—kamu dapat menghapus beberapa baris jika tidak membutuhkannya. Jika kamu ingin menghapus semua kecuali satu baris, tekan Ctrl sambil mengklik setiap baris satu per satu (atau beberapa baris sekaligus).

Column pada Excel

Column atau kolom adalah struktur data yang mewakili data dalam row dan column. Di Microsoft Excel, column digunakan untuk mengatur data ke dalam baris dan kolom.

Misalnya, kamu memiliki spreadsheet berisi informasi tentang setiap karyawan di perusahaan kamu. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan column untuk membagi informasinya menjadi beberapa bagian terpisah: nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dll.

Column berguna karena memungkinkan kamu mengatur data dengan cara yang masuk akal bagi kamu dan memudahkan untuk membaca apa yang telah kamu tulis.

Kamu juga dapat menggunakan kolom untuk membuat judul sehingga orang yang membaca dokumen kamu mengetahui apa yang diwakili setiap kolom tanpa harus merujuk kembali ke bagian atas setiap halaman tempat mereka pertama kali diperkenalkan dengan istilah tersebut.

Range pada Excel

Range atau rentangan adalah sekumpulan sel yang ingin kamu kerjakan. Ini adalah area sel yang semuanya terhubung satu sama lain. Di Excel, range biasanya digunakan saat kamu ingin melakukan tindakan pada seluruh rangkaian sekaligus.

Misalnya, jika kamu memiliki banyak angka dalam satu kolom dan ingin menghitung rata-ratanya, kamu dapat memilih range dan kemudian memberi tahu Excel untuk menghitung rata-ratanya untuk kamu.

Range juga dapat membantu saat kamu mencoba mencari tahu data apa yang terkandung di dalamnya, tetapi juga berguna saat menyortir atau memfilter spreadsheet kamu.

Misalnya, jika kamu ingin mengurutkan semua sel yang berisi data penjualan berdasarkan wilayah, kamu bisa menggunakan opsi filter di Excel—namun hanya jika kamu tahu persis wilayah mana yang dimiliki setiap sel!

Demikianlah penjelasan mengenai row, column, dan range pada Excel, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again