1. DScovery

Mengenal Bridge Loan, Sistem Kerja, Kelebihan dan Kekurangan, Hingga Contohnya

Bridge Loan adalah pinjaman jangka pendek yang digunakan hingga seseorang atau bisnis memperoleh pembiayaan permanen atau sampai kewajiban yang ada dihapus.

 Hari ini ada banyak jenis pinjaman. Salah satunya adalah bridge loan. Bridging loan adalah jenis pinjaman untuk menutupi kebutuhan finansial. Namun bagi sebagian kalangan, pinjaman jenis ini masih terdengar asing.

Tentu saja, kita semua perlu tahu tentang jenis pinjaman yang satu ini. Selain itu, kita juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Maka dari itu bridge loan akan dibahas secara detail pada kesempatan kali ini. Yuk, simak hingga akhir!

Definisi Bridge Loan

Bridge loan termasuk dalam kategori pinjaman jangka pendek. Umumnya, jangka waktu pinjaman bervariasi dari dua minggu hingga tiga tahun. Di Inggris istilah ini dikenal dengan istilah caveat loan. Di Afrika Selatan, jenis pinjaman ini dikenal sebagai bridging finance. Jadi, bridge loan adalah pembiayaan sementara untuk bisnis atau perorangan. Umumnya dana yang diperoleh dari pembiayaan ini digunakan untuk pelunasan pinjaman dan berbagai kebutuhan modal lainnya.

Dibandingkan pembiayaan konvensional, jenis pinjaman ini biasanya lebih mahal. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan kelebihan risiko. Suku bunga juga lebih tinggi, sekitar 1% dari jumlah pinjaman. Pemberi pinjaman juga membutuhkan jaminan pinjaman. 

Sistem Kerja Bridge Loan

Seperti yang sudah disebutkan, bridging loan ini dapat digunakan baik untuk perusahaan maupun perorangan. Keduanya dapat disesuaikan tergantung situasi. Hal yang sama berlaku untuk pemberi pinjaman. Biasanya, jenis pinjaman ini diberikan selama enam bulan. Namun, seringkali diperpanjang hingga satu tahun penuh. Pada saat yang sama, tingkat bunga seringkali 2% atau bahkan lebih. Peminjam bisa mendapatkan suku bunga dan persyaratan yang lebih menguntungkan dengan mengajukan pinjaman jenis ini dan hipotik jangka panjang.

Pelunasan pinjaman dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya pelunasan pinjaman dalam pembayaran bulanan yang tetap. Pilihan lainnya adalah membayar satu kali pembayaran di akhir masa pinjaman. Dengan jenis pembayaran pinjaman ini, tanggal jatuh tempo biasanya beberapa bulan setelah pinjaman diambil. Bridge loan sering digunakan untuk membeli real estat, properti yang diambil alih, dan memanfaatkan peluang jangka pendek untuk mengamankan pembiayaan jangka panjang. 

Biasanya, hipotek jenis ini dilunasi saat properti dijual. Namun, pemberi pinjaman hanya memberikan pinjaman kepada peminjam selama mereka memiliki peringkat kredit yang sangat baik dan rasio utang terhadap pendapatan yang rendah.

Menjembatani pinjaman untuk pembiayaan real estat sangat jarang. Dalam beberapa kasus, pemberi pinjaman hanya menawarkan pinjaman hingga 80% dari total nilai kedua properti tersebut. 

Kelebihan Bridge Loan

Beberapa keuntungan bridge loan dalam dunia properti adalah sebagai berikut:

  1. Dapat digunakan untuk membeli apartemen baru tanpa batasan
  1. Dapat pembayaran untuk beberapa bulan ke depan secara gratis
  1. Dalam kondisi tertentu dapat membeli rumah baru meskipun kondisi pembelian dibatalkan.

Kekurangan Bridge Loan

Di sisi lain, bridge loan dalam dunia properti juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  1. Lebih mahal dari pinjaman ekuitas rumah
  1. Peminjam harus memenuhi persyaratan dasar, yakni memiliki dua rumah
  1. Dana pinjaman akan besar, karena menangani dua hipotek untuk dua apartemen sekaligus. 
  1. Seiring dengan tambahan bunga atas bridge loan. 

Apa Bedanya dengan Traditional Loan?

Umumnya, proses pembiayaan untuk jenis pinjaman ini disetujui lebih cepat daripada pinjaman tradisional atau konvensional. Pinjaman ini memiliki jangka waktu yang lebih pendek dan suku bunga yang lebih tinggi.

Umumnya, peminjam membutuhkan jenis pinjaman ini karena mereka membutuhkan dana cepat. Peminjam bersedia membayar suku bunga tinggi karena jenis pinjaman ini bersifat jangka pendek. Selain itu, tidak ada penalti pembayaran untuk sebagian besar jenis pinjaman ini. 

Contoh Bridge Loan

Contoh penggunaan pinjaman ini bisa dilihat di Olayan America Corporation yang ingin membeli Gedung Sony pada 2016. Perusahaan mengambil pinjaman talangan dari ING Capital. Kemudian pinjaman disetujui dengan sangat cepat, memungkinkan Olayan untuk menutup kesepakatan dengan Gedung Sony. Pinjaman tersebut dapat membantu dan menutupi sebagian biaya awal bangunan hingga Olayan mendapatkan pembiayaan jangka panjang yang lebih permanen. 

Demikianlah rangkuman mengenai bridge loan dari definisinya hingga contoh yang kami berikan untuk menambah pengetahuanmu. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again