Categories

Interview

Mengenal Layanan Pencarian Jasa OKBisa dan Sistem Poin di Dalamnya

Saat ini sudah memiliki 2.000 vendor tergabung dalam layanannya

Prayogo Ryza - 3 June 2016

Di sektor layanan on demand jasa, kualitas dan kemudahan adalah faktor mutlak yang harus dimiliki untuk bisa menarik pengguna. Sedangkan untuk bisa bersaing, memperbanyak fitur menarik yang menguntungkan pengguna bisa menjadi pilihan. Mungkin itu juga yang ada di benak pengembang OKBisa. Layanan yang menyediakan pencarian jasa ini juga dilengkapi dengan fitur reward/poin tersebut bahkan sampai kolaborasi dengan komunitas Teman Ahok untuk menyediakan penjemputan KTP bagi mereka yang mendung Ahok untuk bisa maju secara independen di Pilkada tahun depan.

Eric Ngadiman salah satu dari tiga co-founder OKBisa bercerita kepada DailySocial, selain OKBisa mereka juga menyediakan OKPoint. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan pulsa jika mencapai nominal tertentu atau bisa juga digunakan untuk membayar layanan jasa yang mereka gunakan. Untuk mendapatkan poin ini pengguna cukup menonton video dan menjawab pertanyaan seputar video yang baru saja ditonton.

OKBisa dari penuturan Eric saat ini sudah memiliki kurang lebih 2.000 vendor terdaftar untuk 130 kategori jasa yang ditawarkan. Selain vendor-vendor tersebut OKBisa juga telah menjalin kerja sama dengan brand,digital agency hingga memberikan dukungan kepada BPJS dengan menayangkan iklan BPJK di aplikasi OKBisa. Dengan banyaknya kerja sama yang terjalin diharapkan bisa membantu masyarakat lebih mengenal aplikasi OKBisa.

Menyoal kualitas, Eric menceritakan bahwa saat ini mereka masih melakukan proses pengecekan secara manual, baik untuk vendor maupun pengguna.

“Kami masih melakukan proses pengecekan secara manual untuk menjaga kualitas penggunaan jasa. Hal ini kami lakukan untuk kedua belah pihak. Member akan kami telepon untuk mendapatkan feedback mengenai penawaran yang telah didapat dan jasa yang digunakan. Hal sebaliknya kami lakukan dengan vendor; 'fake orders' ataupun member yang dapat merugikan vendor akan kami tindak lanjuti,” terang Eric.

Startup yang beroperasi dengan dana pribadi ini ini dikembangkan mulai Januari 2016 dan akan masih terus dikembangkan untuk mendapatkan kualitas layanan dan aplikasi yang terbaik. Selain beberapa fitur yang telah disebutkan Eric juga menjelaskan bebas biaya juga termasuk salah satu hal yang menjadi keunggulan OKBisa.

“Kami menerapkan sistem bebas biaya/free of charge; baik untuk member yang mencari jasa maupun untuk vendor penyedia jasa karena awal dari tujuan kami adalah menyediakan platform untuk mempermudah proses pencarian dan penyediaan jasa. Integrasi antara reward poin dengan layanan jasa juga merupakan salah satu titik keunggulan dari aplikasi OKBisa. Member OKBisa dapat menggunakan jasa vendor kami dengan menggunakan poin mereka,” terang Eric.

Mengomentari kondisi persaingan di industri layanan on demand jasa ini Eric mengungkapkan bahwa semakin banyak pemain artinya semakin baik. Pada akhirnya semuanya akan berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Menurutnya kreativitas tidak akan muncul jika hanya ada satu pemain dalam sebuah industri/bisnis.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter