Mengenal Lebih Jauh Data Driven Product, Roadshow Toyota Fun/Code Jakarta 2019 Menjadi Kota Terakhir

Mengenal Lebih Jauh Data Driven Product, Roadshow Toyota Fun/Code Jakarta 2019 Menjadi Kota Terakhir

VP Product Engineering Kata.ai, membuka presentasi tentang pemanfaatan Big Data dan AI
Roadshow Funcode Jakarta
Roadshow Funcode Jakarta

Setelah sukses di Yogyakarta dan Bandung, Toyota Fun/Code kembali melanjutkan roadshow yang kali ini digelar di IBIS Harmoni, Jakarta. Gelaran ini menjadi rangkaian penutup dari roadshow Toyota Fun/Code yang diadakan sejak Agustus 2019 lalu.

Merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta yang hadir untuk bisa menyimak presentasi dan berdiskusi bersama dengan pembicara yang hadir dalam roadshow pamungkas Toyota Fun/Code 2019 Jakarta.

Para pembicara dalam acara kemarin adalah VP Product Engineering Kata.ai Pria Purnama dan Co-Founder Kitabisa.com Vikra Ijas. Masing-masing tech startup influencer yang erat relevansinya terhadap tren digital di Tanah Air tersebut membawakan tema beragam yang dipresentasikan. Meskipun demikian, ada satu kesamaan tema yang dibawakan, yaitu “Data Driven Product”, bahkan jika target pasarnya adalah pengguna dengan latar belakang non-teknologi.

Acara dibuka oleh presentasi dari VP Product Engineering Kata.ai Pria Purnama yang berbagi kepada para peserta perihal implementasi Artificial Intelligence (AI). Big data dan AI merupakan dua hal yang mengemuka dalam industri 4.0, dan telah banyak diterapkan dalam berbagai hal, tidak terkecuali dalam pengelolaan data menjadi produk dengan tujuan untuk dapat menghasilkan informasi dan menjadi problem solver bagi pengguna.

Pria Purnama

Persoalannya adalah bagaimana perusahaan dapat mengetahui apa yang ada dalam benak konsumen? Bagaimana untuk dapat berkomunikasi dengan konsumen yang jumlahnya banyak?
Dengan AI, arah komunikasi konsumen dianalisis berdasarkan data yang dihimpun agar dapat memberikan solusi yang memaksimalkan bagi konsumen, sekaligus memberikan feedback bagi perusahaan.
Hal ini yang membuat Kata.ai mulai memfokuskan diri sebagai startup teknologi yang mengimplementasikan AI di sektor bisnis. Versi awal dari Kata.ai menawarkan dialogue engine dengan Pengolahan Bahasa Alami atau NLP yang memungkinkan para pelaku bisnis mewujudkan persona merek mereka lewat chatbot. Beragam aktivitas percakapan melalui chatbot dapat dilakukan. Mulai dari pemasaran produk, transaksi jual beli hingga pengumpulan data perilaku konsumen melalui media sosial dan aplikasi pesan yang umum digunakan di Indonesia.

Dalam keynote speech-nya, Pria Purnama menegaskan bahwa kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tak akan menggantikan pekerjaan manusia seperti yang diprediksi banyak pihak, yang menyebut pengembangan AI justru jadi akhir dari kehidupan manusia.

“Teknologi ini justru membantu [manusia] untuk berpikir kreatif dan strategis, dan juga sebagai akselerator,” ungkap Pria.

Yang dimaksud kreatif dan strategis oleh Pria adalah menangkap peluang pengembangan AI dengan memanfaatkannya di sejumlah sektor industri. Workshop yang bertajuk “Dari Data Menjadi Produk” dirasa pas dengan sejumlah sektor di Tanah Air yang punya sekelumit masalah. Contohnya, sektor otomotif.

Menggunakan data untuk mengidentifikasi perilaku dan tren

Indonesia, meskipun masih dalam proses pengenalan dan pengembangan, ternyata memiliki potensi untuk penerapan teknologi AI. Menurut Pria meskipun sangat luas cakupannya, namun dengan machine learning yang berfungsi sebagai core teknologi AI, deep learning justru yang paling banyak dikembangkan oleh pengembang di Indonesia.

Diskusi panel Funcode Jakarta

“Penggunaan data yang sangat banyak hingga pengolahan data dan akurasi menjadikan deep learning paling sering diterapkan di Indonesia,” kata Pria. Selain itu, penggunaan data juga bisa dilakukan untuk memvalidasi ide, mengidentifikasi perilaku dan tren agar pengguna yang ada tetap setia dengan produk kita.

Pria menyebutkan langkah awal Kata.ai dimulai dengan melihat peluang di sektor penyedia layanan chat bot dengan NLP. Kini Kata.ai menjadi salah satu pioneer di sektor ini dan terus fokus untuk mencapai tujuan perusahaannya.

Di era pertumbuhan teknologi yang eksponensial seperti ini penting untuk memiliki semangat berinovasi yang hadir di setiap individu yang tergabung untuk mencoba hal baru demi mengembangkan solusi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Salah satu yang dilakukan di Kata.ai adalah dengan melakukan internal hackathon untuk menggali ide-ide menarik atau inovasi apa saja yang bisa dikembangkan.

Punya ide dalam pengembangan AI yang dapat membantu industri otomotif? Atau senang dengan tantangan dalam mengolah Big Data? Coba ikuti tantangan product development untuk dunia otomotif dari Toyota. Ada total hadiah senilai 100 juta rupiah menanti Anda di Toyota Fun/Code 2019!

Disclosure: Artikel ini adalah hasil kerja sama DailySocial dan TOYOTA sebagai bagian rangkaian kegiatan TOYOTA Fun/Code 2019

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Event
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…