Mengenal Moka dan GoStore, Solusi Dari GoTo Financial Bantu Wujudkan Strategi O2O Bagi Pelaku Usaha

Pandemi mendorong perubahan di semua sektor. Salah satunya tentu saja mempengaruhi perkembangan cara menjalankan usaha. Semua pelaku usaha perlu beradaptasi dengan laju percepatan adaptasi digital. Tak ayal, strategi O2O (online-to-offline) patut dipertimbangkan sebagai upaya mendorong usaha di tengah ketidakpastian ekonomi.

Saat ini, berbagai sektor lini usaha memandang strategi O2O menjadi langkah pengembangan yang esensial, tak terkecuali bagi sektor UMKM. Laporan DSInnovate beberapa waktu lalu mengemukakan, seperti dari kutipan yang bersumber dari Mckinsey & Company, sektor UMKM di ranah digital diperkirakan bakal mampu menyumbang PDB Indonesia sebesar US$ 140 miliar pada tahun 2030. Bahkan, survei We Are Social di tahun ini menempatkan pasar Indonesia sebagai pangsa pengguna eCommerce tertinggi di dunia.

Untungnya, di era penetrasi internet yang kian menyeluruh, merealisasikan langkah O2O saat ini bukan lagi menjadi perkara yang menyulitkan. Solusi bisnis lengkap yang meliputi layanan untuk bisnis online maupun offline ini juga ditawarkan oleh ekosistem GoTo Financial.

GoTo Financial merupakan grup teknologi bagian dari GoTo, yang memiliki layanan untuk mendukung aktivitas keuangan masyarakat melalui GoPay dan GoPaylater, serta menyediakan solusi bisnis untuk pelaku usaha mulai dari UMKM sampai dengan perusahaan besar. Solusi bisnis ini meliputi Midtrans (payment gateway terkemuka), Moka dan GoBiz Plus (jaringan point of sales terbesar di Indonesia), GoStore (website toko online pribadi), hingga platform GoBiz, GoStore, dan Selly yang dapat meningkatkan efisiensi usaha online.

Strategi O2O sejatinya bukan lagi jadi hal baru dalam ranah bisnis. Pada 2015 silam, DailySocial sempat membahas potensi dan masa depan O2O di tanah air. Potensinya yang pesat tersebut didukung oleh pertumbuhan industri eCommerce yang tak terbendung - seiring penetrasi internet yang kian masif di masyarakat.

Strategi O2O ini berkembang menjadi layanan omnichannel retailing sehingga bisa dijadikan solusi alternatif logistik dan memperluas jangkauan bisnis. Pelanggan dapat memesan dari mana saja baik dari saluran online, perangkat mobile, media sosial, dan lain sebagainya di manapun dan kapanpun.

Pelaku usaha pun tak perlu khawatir bagaimana mengimplementasikan strategi O2O ini. Sudah banyak startup di Indonesia yang hadir membantu menyediakan layanan ini. Seperti layanan yang ditawarkan dari ekosistem GoTo Financial yakni; Moka dan GoStore.

Secara singkat, Moka menawarkan solusi praktis berbasis teknologi yang memudahkan pengusaha untuk mempersingkat segala proses administratif dan tata kelola keuangan, demi menciptakan efisiensi bisnis yang optimal.

Moka hadir sebagai aplikasi kasir yang memudahkan penjualan dan proses operasional usaha. Pelaku usaha dimudahkan dengan adanya dashboard yang memungkinkan untuk mengelola stok barang secara mudah serta mendapatkan laporan aktivitas bisnis yang real-time. Sistem pembayaran Moka terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran digital, mulai dari pembayaran lewat kartu, QRIS, maupun uang elektronik seperti GoPay, memudahkan konsumen untuk membayar di toko offline. Beberapa gerai seperti Kokumi, Kopi Chuseyo, Eatlah, Utama Spice, hingga Hair Nerds adalah contoh usaha yang telah memanfaatkan layanan Moka.

Untuk melengkapi kebutuhan usaha offline yang perlu merambah ke online, Moka terintegrasi dengan GoStore, layanan untuk membuat website toko online yang membantu pelaku bisnis menerima orderan secara praktis dari pembayaran hingga pengiriman, serta dapat mempermudah promosi ke berbagai kanal dengan menghubungkan langsung ke Facebook Shops, Instagram Shop, dan Google Shopping.

GoStore juga sudah terintegrasi dengan layanan pengiriman instan GoSend, serta fitur 'nationwide shipping' (pengiriman yang mencakup seluruh nusantara) yang memungkinkan para pelanggan untuk dapat menerima produk yang dipesan dengan lebih cepat dan praktis. Untuk mendukung pembayaran nontunai, GoStore pun juga sudah terintegrasi dengan GoPay, serta kartu debit/kredit

Alternatif layanan yang memfasilitasi penjualan di berbagai channel seperti Moka dan GoStore ini cocok dicoba oleh pelaku bisnis yang ingin fokus pada pelayanan pelanggan yang maksimal dan memperluas bisnis, baik di ranah luring maupun daring. Selain mempermudah pelaku bisnis mengelola usaha lebih efisien, solusi bisnis seperti ini dapat mengefisiensikan proses penjualan di berbagai kanal, baik itu di gerai toko maupun lewat media sosial.

Artikel ini didukung oleh Midtrans

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again