Mengenal Riset Pasar: Metode dan Contohnya Lengkap 2022
Untuk menentukan strategi pemasaran yang cocok, perusahaan harus melakukan riset pasar terlebih dahulu.
Dalam bidang pemasaran selain melakukan pemasaran produk biasanya akan dilakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar ini juga dilakukan untuk mencari cara bagaimana strategi pemasaran produk nantinya bisa dilakukan.
Sebab, pemasaran produk yang baik adalah yang bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat, sehingga riset pasar sangat perlu dilakukan agar target produk juga bisa sesuai.
Lalu, apa itu riset pasar dan bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan riset pasar berikut!
Apa itu riset pasar?
Dikutip dari Hubspot, riset pasar adalah proses mengumpulkan informasi tentang target pasar dan pelanggan bisnis kamu untuk memverifikasi keberhasilan produk.
Secara tidak langsung riset pasar berperan sebagai proses analisis kelayakan pemasaran suatu produk baru.
Proses riset pasar akan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi, hingga akhirnya bisa terbentuk sebagai hasil analisis pemasaran. Melalui proses riset pasar ini, perusahaan bisa menemukan target yang sesuai dengan produk mereka, sehingga penjualan juga akan bisa lebih meningkat dan cepat.
Tujuan utama dari riset pasar adalah untuk memeriksa target pasar terkait produk atau layanan perusahaan dan juga bisa digunakan sebagai bentuk referensi bagaimana target akan bereaksi terhadap layanan atau produk perusahaan kamu. Nantinya informasi yang dihasilkan dari riset pasar juga bisa digunakan untuk pengembangan pemasaran atau periklanan, karena dengan adanya informasi yang sesuai dengan audiens bisnis bisa lebih mudah untuk menentukan fitur apa saja yang sebaiknya digunakan.
Fungsi riset pasar
Ada banyak kegunaan atau fungsi riset pasar, di antaranya adalah:
Sebagai evaluasi strategi pemasaran
Riset pasar memiliki fungsi yang pertama untuk melakukan penilaian terhadap strategi atau juga program pemasaran yang sebelumnya, fungsi ini juga bisa termasuk ketika sebuah perusahaan ingin melakukan penilaian ulang terkait brand positioningdari perusahaan lain yang menjadi pesaing. Sehingga, nantinya tim riset pasar bisa melakukan pemecahan masalah dan membuat keputusan yang lebih baik.
Untuk mengenali konsumen
Dengan adanya riset pasar, perusahaan bisa mengenali target konsumennya dengan cara memahami secara spesifik preferensi konsumen atau pelanggan. Perilaku konsumen juga menjadi salah satu indikator penting untuk menjalankan sebuah bisnis, karena sebuah produk dibuat atas adanya permintaan (demand) dari pasar.
Sebagai perencanaan bisnis
Riset pasar juga bisa digunakan untuk menyusun strategi perencanaan bisnis yang akan datang, apalagi di masa sekarang mengembangkan sebuah bisnis cukup lumayan sulit karena banyaknya perusahaan yang berkembang.
Pemantauan bisnis
Fungsi riset pasar yang terakhir adalah pemantauan proses bisnis yang sedang berjalan, proses pemantauan atau pengawasan juga biasanya lebih kepada mengawasi tren, demografi, operasional, hingga efektivitas penggunaan channel marketing.
Tujuan Riset Pasar
Menurut Glenn Doman (2002), ada 4 tujuan utama dari riset pasar, yaitu:
1. Menganalisis Pasar
Proses analisis pasar akan memberikan informasi penting mengenai potensi pasar untuk sebuah produk atau jasa. Informasi tersebut mencakup konsumen potensial, pasar potensial, lokasi bisnis, dan kompetitor.
2. Menganalisis Tanggapan Pasar Terhadap Produk
Riset ini akan memberikan informasi perkiraan potensi sebuah produk/ jasa di pasar. Proses pengkajian dapat dilakukan sebelum produk atau jasa diluncurkan, misalnya dengan melakukan survei.
3. Menganalisis Efektivitas Promosi
Kegiatan riset ini juga dapat membantu perusahaan dalam memilah dan memilih media promosi yang paling efektif.
4. Menyusun Strategi
Pengkajian perencanaan strategis dapat memberikan informasi mengenai tingkat pertumbuhan pasar yang telah ada dan menemukan berbagai produk dan jasa yang sukses di sebuah pasar. Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang sudah mapan.
Jenis-jenis riset pasar
Ternyata untuk melakukan riset pasar, biasanya perusahaan tidak hanya akan melakukan satu jenis riset pasar saja untuk mengetahui perilaku calon konsumennya. Dalam bidang pemasaran, jenis riset pasar terbagi menjadi dua yaitu riset pasar primer dan riset pasar sekunder.
Riset pasar primer
Riset pasar primer adalah sebuah proses analisis dengan menggunakan pihak ketiga atau konsumen sebagai sumber datanya. Sehingga, riset ini akan langsung berasal dari konsumen sebuah perusahaan, dan data yang dikumpulkan akan berupa data kualitatif dan data kuantitatif.
Beberapa jenis riset pasar primer adalah:
Wawancara
Jenis riset pasar ini akan dilakukan secara personal terhadap responden atau calon konsumen, biasanya responden akan diberikan beberapa pertanyaan untuk memperoleh data atau informasi.
Focus group
Sesuai namanya, jenis riset pasar ini akan dilakukan oleh beberapa kelompok kecil biasanya akan terdiri dari 5-10 orang untuk menanggapi survei yang perusahaan sudah kirimkan.
Penelitian etnografi
Penelitian etnografi adalah metode analisis riset pasar yang dilakukan dengan cara si peneliti harus terjun langsung ke dalam lingkungan respondennya. Biasanya penelitian ini akan berlangsung cukup lama karena peneliti juga harus menyesuaikna diri dengan lingkungan calon konsumennya.
Kuesioner
Salah satu jenis riset primer yang sering digunakan oleh perusahaan ada kuesioner yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan survei online. Penelitian ini banyak dilakukan karena lebih mudah, meringkas waktu, dan data yang yang diperoleh juga sudah akan terbentuk secara sistematis.
Campaign research
Campaign research juga bisa digunakan sebagai metode riset pasra, hanya saja sebuah perusahaan harus memilikicampaigndahulu sebelumnya sehingga bisa dilakukan analisis dan evaluasi terkait keberhasilan campaign.
Riset pasar sekunder
Setelah mengetahui riset pasar primer, sekarang kamu akan bertemu dengan riset pasar sekunder. Berbeda dengan riset pasar primer di mana informasinya akan datang langsung dari pihak konsumen, riset pasar primer adalah proses analisis target pasar yang informasinya dikelola oleh sumber luar contohnya media, pemerintah, atau agensi.
Informasi yang dipublikasikan dalam buku, majalah, surat kabar, atau situs web sebuah perusahaan juga bisa menjadi medium untuk melakukan riset pasar sekunder.
Untuk memanfaatkan riset pasar sekunder, kamu bisa memilih informasinya dari beberapa lembaga seperti berikut:
Sumber publik
Untuk mengumpulkan informasi riset pasar secara gratis, kamu bisa memanfaatkan perpustakaan pemerintah.
Sumber komersial
Sedangkan untuk sumber komersial biasanya akan memerlukan biaya, tetapi sumber komersil juga bisa diandalkan karena biasanya lembaga-lembaga tersebut cukup bagus dalam mengumpulkan informasi. Sumber komersial di antaranya adalah media televisi, koran lokal, dan majalah.
Institusi pendidikan
Universitas dan institusi pendidikan bisa menjadi sebuah informasi riset pasar sekunder, karena biasanya banyak penelitian yang dilakukan dalam berbagai sektor.
Contoh riset pasar
Semua perusahaan pastinya akan melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memproduksi produk atau jasa baru. Namun, bagaimana contoh riset pasar produk makanan?
Contoh riset pasar produk makanan mie instan
Mie instan menjadi salah satu makanan siap saji yang memiliki banyak penggemar di Indonesia, tidak jarang setiap merek akan berlomba-lomba menciptakan inovasi terhadap produknya salah satunya dengan membuat produk mi instan jumbo.
Melalui riset pasar, perusahaan bisa melakukan dengan survei kuesioner untuk melihat berapa banyak konsumennya yang ingin membeli mie instan dengan ukuran jumbo. Sehingga, dengan adanya riset pasar juga bisa mengetahui informasi lain yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen maupun perusahaan.
Contohnya perusahaan bisa memberikan beberapa pertanyaan terkait:
- Varian mie instan apa yang ingin dibuat menjadi ukuran jumbo ? Hasil bisa terlihat dari pilihan selera konsumen terhadap produk perusahaan.
- Estimasi harga produk mie instan jumbo.
- Siapa saja yang membutuhkan variasi mie instan jumbo (usia, gender, profesi, dan demografi).
- Apa saja yang menjadi eprtimbangan dengan hadirnya varian mie instan jumbo.
Sehingga dengan adanya informasi dari data riset ini perusahaan bisa menemukan produk atau jenis mie instan potensial yang bisa meraih keuntungan lebih, karena adanya permintaan dari pasar.
Sign up for our
newsletter