1. Entrepreneur

Mengenal Warko, Platform Koperasi untuk UMKM Go Digital

Penjelasan terkait platform koperasi Warko yang fokus pada digitalisasi UMKM.

Warko adalah perusahaan rintisan (startup) berbasis koperasi multi-pihak yang mengklaim sebagai solusi UMKM di era digital ini. Fokusnya adalah membantu digitalisasi warung, kios, toko dan ojek online.

Startup lokal ini dirintis oleh anak muda lokal asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yakni CEO Warko Adam Nugraha Wiradhana, COO Warko Mimin, dan CFO Warko M. Riyan yang optimis dapat membawa platformnya bersaing dengan pemain startup nasional.

Berkenalan lebih jauh dengan platform koperasi multi-pihak, berikut penjelasan terkait Warko, beserta layanan yang ditawarkan dan alasan UMKM perlu menggunakannya. Simak selengkapnya.

Kenal Lebih Dekat dengan Platform Warko

Digarap sejak akhir tahun 2019 lalu, para pendiri Warko melihat platformnya dapat membawa titik terang atas permasalahan yang dialami UMKM, khususnya terkait warung-warung warga yang kian hari tergerus dengan kehadiran ritel modern.

Melalui program-programnya, Warko bermisinya untuk membantu pelaku UMKM untuk berdaya sehingga bisa bertahan bahkan bersaing di pasar digital melalui digitalisasi.

Selain itu, pelaku UMKM diharapkan dapat lebih kompetitif menghadapi persaingan dengan ritel modern. Hingga kini, Warko mengklaim telah merangkul 18 ribu UMKM untuk bergabung dengan bisnis ini, dan 2 ribu pelaku usaha telah bergabung sebagai anggota.

Mengapa UMKM Perlu Lirik Platform Warko?

Warko menawarkan layanan dimana pelaku UMKM dapat membuat toko sendiri di platformnya. Pelaku UMKM dapat menyediakan dan menjual produk kebutuhan sehari-hari rumah tangga secara mudah tanpa harus bertemu langsung dengan pembeli.

Cara kerjanya yakni dengan pelaku usaha kecil seperti warung, kios, toko dan pengemudi ojek dapat bergabung bersama Warko bukan hanya sebagai mitra, namun lebih jauh sebagai anggota koperasi.

Dengan sistem koperasi multi-pihak yang diusung Warko, pengguna platform baik dari sisi pelaku usaha maupun pembeli akan mendapatkan poin sebagai sisa hasil usaha. Warko menganggap platformnya berbeda dengan yang lain karena fokus ke bisnis masyarakat yang jarang tersentuh.

Layanan dan Fitur Warko yang Dukung Digitalisasi UMKM

Layanan utama yang ditawarkan Warko kepada pelaku UMKM adalah menyediakan website gratis sebagai penghubung UMKM dengan berbagai platform digital dan e-commerce lokal, nasional, dan internasional.

Beberapa fitur yang disediakan pada layanan digitalisasi UMKM tersebut antara lain sistem jual beli, pengiriman barang dan koperasi. Selain itu, Warko juga menyediakan layanan dan fitur pendukung berupa pelatihan digital, tools digital hingga template digital bagi UMKM.

Ada pun produk Warko secara keseluruhan antara lain, sebagai berikut:

  • Branding dan manajemen warung.
  • Mobile App untuk warung, pengemudi ojek dan pembeli.
  • Warehousing untuk kebutuhan persediaan warung.
  • Dashboard untuk memantau kinerja penjualan.

Melansir Kalimantan Post, CEO Koperasi Warko Digital Nusantara Adam Nugraha Wiradhana, mengatakan bahwa platform garapan Warko ini pada dasarnya tak berbeda jauh dengan aplikasi Grab dan Gojek. Bedanya, Warko fokus menyasar warung rakyat yang dapat menjual semua dagangan mereka.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again