1. Entrepreneur

Mengenal Workmate, Platform Manajemen Tenaga Kerja Harian

Penjelasan terkait platform manajemen tenaga kerja Workmate beserta layanan, cara kerja dan keuntungan menggunakannya.

Saat ini, metode pencarian dan pengelolaan tenaga kerja di berbagai perusahaan tak jarang masih berkutat pada cara tradisional, seperti sosialisasi mulut ke mulut. Padahal, sudah banyak platform manajemen tenaga kerja yang dapat membantu perusahaan melakukannya secara online.

Salah satu platform manajemen tenaga kerja saat ini adalah Workmate. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait Workmate dan pengelolaan tenaga kerja secara online. Simak selengkapnya.

Apa Itu Workmate?

Workmate merupakan platform manajemen tenaga kerja yang memberi solusi terkait suplai pekerja dan manajemen tenaga kerja perusahaan. Workmate mengklaim dapat memberikan teknologi dan data sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Platform yang berdiri sejak 2016 ini bertujan untuk membantu bisnis menemukan dan mengelola tenaga kerja yang andal. Selain itu, untuk memberikan pekerjaan yang konsisten di perusahaan terkemuka bagi para pencari kerja.

Dalam prosesnya, Workmate memanfaatkan data yang dimiliki dalam algoritma penilaian kandidat, yang didukung oleh AI (artificial intelligence). Teknologi AI itu digunakan untuk meningkatkan kualitas pencocokan, tingkat kehadiran, retensi pekerja, serta produktivitas.

Layanan dan Cara Kerja Workmate

Berikut beberapa layanan platform manajemen tenaga harian Workmate, beserta cara kerjanya:

  • Workforce Management Platform

Dengan platform manajemen tenaga kerja harian, perusahaan dapat merekrut pekerja tambahan secara online dari jaringan pekerja yang sudah terseleksi. Selain itu, perusahaan juga dapat melihat dan mengelola tenaga kerja dalam satu platform.

  • Sistem Penjadwalan Shift Otomatis

Melalui Workmate, perusahaan dapat membuat jadwal dan menentukan shift pekerja secara massal secara instan dan otomatis. Platform ini juga akan mengirimkan notifikasi para pekerja agar segera mengonfirmasi kehadiran.

  • Pantau Waktu dan Absensi Karyawan

Perusahaan dapat memantau waktu dan absensi pekerja yang hadir secara online. Selain itu, para pekerja dapat memverifikasi kehadirannya dengan menggunakan sistem QR di aplikasi. Dengan begitu, absensi menjadi lebih akurat dan dapat segera disetujui pihak HR (human resources).

  • Timesheet Otomatis

Dengan paltfom manajemen tenaga kerja, absensi pekerja akan terintegrasi langsung dengan payroll. Workmate memiliki sistem approval bulk yang dapat memvalidasi absensi secara otomatis. Selain itu, perusahaan juga dapat mengekspor laporan sekaligus memberi upah pekerja secara otomatis.

  • Data Performa Tenaga Kerja

Perusahaan dapat memantau performa pekerja secara langsung melalui dashboard Workmate. Perusahaan juga memonitor metrik yang berhubungan pada pengeluaran terkait tenaga kerja, fulfillment dan performa pekerja. Dengan begitu, estimasi dan strategi untuk manajemen dan produktivitas yang lebih baik

Keuntungan menggunakan Platform Workmate

Keuntungan bagi perusahaan menggunakan platform Workmate adalah dapat mengakses para pekerja berkualitas. Pekerja tersebut juga telah diperiksa dan diseleksi sebelumnya. Perusahaan juga dapat mencari pekerja untuk pekerjaan jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu, perusahaan juga dapat menyederhanakan estimasi dan strategi untuk manajemen dan produktivitas yang lebih baik.

Sebagai informasi, melansir laporan Dailysocial.id sebelumnya, Workmate mengklaim telah membantu lebih dari 120 ribu pekerja frontline menemukan pekerjaan dan lebih dari 800 perusahaan telah menggunakan layanan dan teknologinya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again