1. Startup

Mengoptimalkan Analisis untuk Bisnis

Mengenali fungsi utama analisis untuk mendapatkan manfaat optimal

Banyak bisnis sudah mulai memproduksi data digital. Banyak juga yang mulai memanfaatkan data dengan mengolahnya dengan perangkat analisis untuk mendapatkan gambaran mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Termasuk progres naik turunnya proses bisnis.

Meski banyak bisnis yang mulai mengenal penggunaan analisis sayangnya masih belum banyak yang bisa mengoptimalkan analisis bisnis. Terutama memahami peran analisis dalam bisnis.

Pahami bagaimana mengoptimalkan data

Produksi data hadir setiap hari, namun apa yang bisa dihasilkan dari data-data tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh pebisnis. Contoh sederhana adalah data media sosial. Data-data tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk mendapatkan personalisasi para pengguna tetapi juga sentimen pasar. Komentar-komentar yang ada di media sosial bisa dijadikan juga sebagai acuan untuk menggambarkan sentimen pasar terhadap produk dan lain sebagainya.

Selain memahami kekuatan yang dimiliki data, bisnis juga harus paham penggunaan analisis. Dibutuhkan banyak jenis analisis untuk memenuhi kebutuhan target pengguna yang berbeda. Butuh solusi analisis yang berbeda untuk masing-masing kasus.

“Analisis adalah kategori, jadi kita merekomendasikan pembagian individu. Banyak orang-orang business intelligence yang menginginkan laporan dan jawaban untuk pertanyaan, data science untuk membuat model, dan beberapa engineer yang membangun produk berdasarkan analisis,” ungkap VP and principal analyst untuk Forrester Research Mike Gualtieri.

Memperhatikan layanan yang dibeli

Banyak bisnis yang menggantungkan analisis dengan menggunakan layanan pihak ketiga. Lazimnya, para perusahaan yang menawarkan layanan analisis menawarkan tagline “all in one”. Sayangnya ini yang harus menjadi sorotan. Tidak semua solusi analisis mampu menyelesaikan semua permasalahan analisis. Harus jeli dalam memilih layanan. Pilih dengan hati-hati agar anggaran untuk solusi analisis tidak membengkak.

Memahami yang ingin dicapai

Pada dasarnya analisis sekarang sudah menjadi keharusan di sebuah bisnis. Data digital yang semakin mudah didapat harus dioptimalkan sebaik mungkin. Mengetahui apa yang sebenarnya ingin dicapai dengan analisis harus menjadi perhatian utama ketika bisnis ingin mengoptimalkan analisis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again