1. Startup

Mengoptimalkan Fasilitas "Live Chat" untuk Mengikat Pelanggan

Komunikasi adalah salah satu kunci

Salah satu bentuk dukungan pengguna bagi bisnis adalah menyediakan saluran pelayanan pengguna. Salah satu yang terbaru yang banyak diadopsi bisnis adalah layanan live chat yang sering kita jumpai muncul ketika kita membuka website e-commerce dan sejenisnya.

Jika Anda sudah mulai menggunakan fitur ini untuk bisnis Anda, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan melengkapi live chat.

Optimalkan tiket

Tiket biasanya digunakan pelanggan untuk mengirimkan keluhan mereka. Data mereka akan dicatat dan diberi ID untuk selanjutnya bisa ditindaklanjuti oleh tim yang Anda. Hal ini terlihat klasik, tapi mereka yang percaya bahwa dengan mengirimkan tiket akan membantu menyelesaikan masalah adalah mereka yang sudah percaya dan terikat dengan bisnis Anda. Mereka mempercayakan permasalahan mereka dengan sebuah keyakinan pasti bisa diselesaikan.

Salah satu kolaborasi yang bisa dikombinasikan dengan live chat adalah integrasi. Bantu pelanggan Anda untuk membuat tiket dengan mudah. Dengan demikian keluhan mereka tetap tercatat rapi namun lebih mudah dilakukan oleh mereka.

Mengingat-ingat mereka

Sebagian orang pasti akan merasa terkesan jika seorang pelayan di sebuah restoran mengenali mereka. Membicarakan menu kesukaan yang sering dipesan mereka. Konsep ini bisa diadopsi ke dalam bentuk live chat. Buatlah sebuah sistem yang bisa mengenali pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu memperkenalkan diri berkali-kali.

Catat apa saja yang pernah mereka keluhkan, ceritakan, atau tanyakan. Simpan itu dan jadikan rekomendasi atau hal-hal lain yang berguna. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan keterikatan pelanggan dengan bisnis Anda melalui hubungan yang baik dengan pelayanan live chat.

Menghadirkan mereka di mana saja

Salah satu hal wajib untuk dilakukan jika Anda memiliki layanan live chat adalah menempatkan mereka di banyak tempat. Jangan sampai tertutup atau hilang ketika pelanggan pindah halaman. Yang paling penting jangan sampai mengganggu pandangan.

Letakkan posisi live chat di tempat yang mudah terjangkau tapi tidak mengganggu. Usahakan juga perator atau siapa pun di balik live chat untuk proaktif dan sabar menghadapi mereka. Sebuah kunci untuk komunikasi yang baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again