1. Startup

Menilik Inovasi Digital Payment Bersama Donald Wihardja di Echelon Indonesia 2016

Echelon Indonesia akan digelar pada tanggal 5-6 April di Balai Kartini, Jakarta

Pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah berhasil merangsang berbagai sektor digital lain untuk ikut tumbuh, salah satunya dari sektor finansial yang berkaitan dengan metode pembayaran. Di ajang Echelon Indonesia 2016, yang didukung Bekraf, yang akan digelar 5-6 April 2016, Partner Convergence Ventures Donald Wihardja akan berbagi pandangannya tentang dunia digital payment di Indonesia.

Donald memiliki riwayat karier yang cukup panjang dalam dunia digital, khusunya yang bersinggungan dengan sektor finansial. Sebelum bergabung sebagi Partner di Convergence Ventures, Donald pernah berkarir sebagi Country Manager di perusahaan e-commerce payment gateway 2C2P. Donald juga pernah mencicipi pengalaman di perusahaan yang fokus sebagai game paymenet solution Indomog.

Donald mengatakan, “Di duna teknologi secara umum, khususnya e-commerce, semua effort ditujukkan kepada optimasi conversion rate dari visitor menjadi customer dan menjadi transaksi yang terbayar dan terkirim. […] Metode payment yangg paling ‘licin’ adalah e-wallet dan credit card. Tapi penetrasi itu tidak baik di Indonesia. Karena itu, masih banyak pekerjaan yg harus diselesaikan di payment. Pertama, membawa lebih banyak orang supaya bisa pakai credit card maupun e-wallet atau menyediakan metode pembayaran lain yang ‘selicin’ itu.”

Menurut Donald, ajang konferensi Echelon memiliki peranan penting dalam ekosistem startup di Indonesia. Salah satu alasannya, melalui ajang seperti Echelon, startup dan investor dapat bertemu secara efisien.

“Kami di Convergence melirik lebih dari 1000 startup per tahun untuk menemukan 14 yang sudah kami berikan investasi. 500-an dari startup tersebut kami dari acara seperti Echelon. Tanpa acara seperti Echelon, kerjaan kami akan dua kali lipat lebih susah,” ujarnya.

Donald menambahkan, “Yang terakhir, pemerintah Indonesia dari Kominfo, Perdagangan, Bekraf, dan BKPM sekarang sangat mendukung e-commerce dan tech startup. Mereka sudah banyak mengeluarkan paket kebijakan untuk mendukung upaya semuanya. Tapi, […] informasi kebijakan yang dikeluarkan masih lebih banyak gossip dibanding fakta. Di Echelon, saya sudah mendorong tim untuk menyediakan tempat bagi instansi pemerintah agar bisa buka booth dan menyebar luaskan penjelasan tentang kebijakan tersebut.”

Sebagai ajang konferensi internasional, Echelon Indonesia 2016 dapat menjadi platform bagi startup, SME, dan perusahaan berbasis teknologi untuk membawa bisnis ke level selanjutnya. Innovate – Developer – Empower adalah tiga kata kunci yang diterjemahkan dalam gelaran acara dua hari ini.

Echelon Indonesia 2016 akan digelar pada tanggal 5-6 April 2016 di Balai Kartini, Jakarta. Penjualan tiket saat ini telah dibuka dan tersedia diskon 20 persen dalam waktu terbatas dengan menggunakan kode “EMPOWER20”.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again