1. Startup

Meningkatkan Standar Kualitas Industri E-Commerce Tanah Air ke Titik Terbaik

Mempersenjatai partisipan Harbolnas 2015 dengan pengalaman tahun sebelumnya

Bergerak mengikuti langkah cepat kebutuhan masyarakat era digital dewasa ini adalah masalah yang menantang banyak pihak secara bersamaan. Langkah kolaboratif memiliki peran esensial dalam menjaga roda bisnis karena ekosistem yang ideal dapat tercipta ketika seluruh pihak memainkan perannya dengan tepat, terutama di industri e-commerce Indonesia yang tengah meroket pesat.

Menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015, pihak penyelenggara mengemas program ini dengan menggelar workshop untuk mempersiapkan kebutuhan teknis maupun non-teknis untuk para partisipan memanfaatkan momentum perayaan industri e-commerce terbesar di Tanah Air.

“Jumlah partisipan Hari Belanja Online Nasional terus meningkat setiap tahunnya. Kita harus dapat memastikan bahwa setiap e-commerce yang berpartisipas pada kegiatan ini sudah siap untuk menerima lonjakan jumlah kunjungan maupun order. Untuk itu, panitia Hari Belanja Online Nasional tahun ini sudah mempersiapkan workshop yang dapat diikuti oleh peserta e-commerce agar dapat mempersiapkan diri lebih baik,” jelas Indra Yonathan, VP Strategic Marketing Partnership Lazada Indonesia, sebagai ketua panitia Harbolnas 2015.

Setelah tiga tahun berturut-turut diselenggarakan, Hari Belanja Online Nasional tahun ini memiliki visi untuk memperkuat ekosistem industri e-commerce yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari perusahaan telekomunikasi, bank, logistik dan payment gateway. Kesuksesan Hari Belanja Online Nasional setiap tahunnya mendorong panitia untuk meningkatkan standar layanan yang dihadirkan oleh para partisipan Hari Belanja Online Nasional.

“Tingginya minat para pelaku e-commerce untuk bergabung di Hari Belanja Online Nasional 2015 dan antusiasme dari seluruh masyarakat Indonesia mendorong kami untuk memberikan yang terbaik agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati berbelanja online. Hal ini akan dapat tercapai dengan mempersiapkan para pelaku e-commerce, khususnya mereka yang baru pertama kali berpartisipasi, untuk memiliki wawasan lebih luas yang dapat mereka pelajari dari e-commerce lainnya yang sudah lebih lama hadir dan mengikuti Hari Belanja Online Nasional di tahun-tahun sebelumnya,” lanjut Yonathan.

Workshop akan terbagi menjadi dua hari yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 dan 3 Desember 2015 mendatang. Peserta workshop akan dibekali wawasan terkait bisnis, logistik, dan strategi marketing di hari pertama. Sementara hari kedua menyajikan wawasan tentang pilihan metode pembayaran dan aspek teknisnya.

Kedua workshop akan dihadiri oleh nama-nama besar yang mewakili bidang keahliannya masing-masing. Panitia tidak memungut biaya untuk kedua workshop ini dan bagi mereka yang tertarik untuk bergabung dan ingin melihat informasi detil mengenai tempat dan waktu, jajaran pembicara, dan lainnya pada hari pertama dan kedua.

Yonathan mengatakan, “Dari tahun pertama Hari Belanja Online Nasional diselenggarakan pada tahun 2012, kami memiliki satu mimpi besar yaitu untuk terus mengembangkan industri e-commerce di tanah air. Sifat dari kegiatan ini adalah untuk bahu membahu membantu satu sama lain. Yang menjadi prioritas adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap belanja online."

"E-commerce yang sudah lebih besar pasti memang sudah punya sejumlah pelanggan setia, tapi munculnya e-commerce baru juga bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia secara keseluruhan terhadap belanja online. Begitu juga dengan [layanan] e-commerce kecil yang dapat memanfaatkan kepercayaan dari konsumen yang sudah pernah berbelanja di e-commerce yang lebih besar untuk bisa berbelanja di website mereka,” tutupnya.

- DailySocial adalah media partner program Hari Belanja Online Nasional 2015

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again