Kebosanan dan kepenatan bisa menghampiri sebuah tim bisnis. Bisa disebabkan karena load kerja yang padat atau problem kompleks yang sedang dihadapi. Kebosanan dan kepenatan seperti itu jika tidak ditangani bisa menghambat produktivitas dan skenario terburuk bisa berdampak pada bisnis keseluruhan. Penting bagi pemimpin dalam tim untuk membawa suasana yang tetap produktif dan termotivasi.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga tim agar tetap termotivasi dan produktif.

Membangun kultur yang baik

Kultur yang baik memegang kunci utama dalam kehidupan dalam sebuah tim. Ritme kerja, cara berkomunikasi, dan suasana ceria lahir dari kultur kerja yang baik. Motivasi dan juga semangat seperti halnya rasa penat dan bosan biasanya menular satu sama lain. Rasa semangat yang terpancar dari beberapa orang anggota tim akan mampu membangkitkan semangat tim yang lain. Di sinilah peran kultur yang baik dalam lingkungan pekerjaan.

Pertemuan reguler

Pertemuan dengan para anggota tim merupakan salah satu kunci menjaga semangat dan motivasi kerja. Selain menjaga kekompakan pertemuan ini juga penting dalam untuk mengkomunikasikan perkembangan dan hambatan yang mereka hadapi. Dengan berbagai seperti itu permasalahan akan bisa lebih cepat dikoordinasikan dan diselesaikan.

Bentuk pertemuannya pun tidak harus sesuatu yang formal. Contohnya dengan menjadwalkan rutin makan siang bersama. Obrolan-obrolan ringan yang terjadi saat istirahat makan siang bisa sangat berguna untuk membangun solidaritas dan pemahaman terhadap individu-individu yang ada. Mengerti bagaimana cara mereka berpikir, dan akhirnya lebih mudah untuk saling memahami dan transfer semangat dan motivasi positif dalam bekerja.

Selalu ingatkan visi

Selain menjaga dan mengelola tim tugas pemimpin adalah mengantarkan tim bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan. Sebuah visi. Pemimpin yang baik selalu menanamkan tentang pentingnya berusaha untuk mencapai visi bersama. Dengan cara selalu mengingatkan akan visi yang ingin dicapai diharapkan bisa memacu motivasi seluruh anggota tim.

Startup seperti kita ketahui merupakan perwujudan sebuah perjuangan. Bisnis yang dirintis untuk bertahan dan akhirnya menuju kesuksesan yang diinginkan. Mimpi inilah yang wajib terus tertanam di benak tim. Kekompakan diperlukan untuk mencapai visi. Dan motivasi bersama merupakan kunci untuk menuju itu semua.

Selalu sedia makanan ringan dan kopi

Untuk yang satu ini mungkin bisa disesuaikan. Biasanya semangat dan motivasi bisa terbentuk dari nyamannya situasi kerja atau kantor. Kopi dan makanan ringan adalah salah satu kebutuhan yang biasanya bisa membuat “bahagia” para anggota tim. Jika memang dibutuhkan tidak ada salahnya selalu siap sedia beberapa kopi dan makanan ringan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.