Categories

Opini

Menyambut Ulang Tahun, Rockto.com Rilis Aplikasi BlackBerry dan Versi WAP

Wiku Baskoro - 28 December 2010

Tim di Rockto.com ternyata tidak berlama-lama dalam merilis berbagai perkembangan terbaru, selain dari badge serta fitur kini mereka meluncurkan v 1.0 dari aplikasi untuk pengguna BlackBerry serta versi WAP dari layanan mereka.

Dari penjelasan di blog resmi mereka, peluncuran versi untuk perangkat bergerak ini bertepatan dengan ulang tahun Rockto.com yang pertama, senin kemarin. Untuk versi BlackBerry pengguna bisa mengaksesnya di tautan http://bb.rockto.com sedangkan untuk versi WAP bisa diakses dari http://m.rockto.com.

Saya mencoba untuk mengakses dari versi WAP, ketiga sudah log in, tampilan yang muncul terdiri dari 2 pilihan menu utama untuk melihat konten yang dibagikan di Rockto, yaitu Public, untuk melihat semua konten yang dibagikan pengguna, serta menu Feed, untuk melihat konten dari para Follower Anda. Seperti halnya versi akses dari perangkat mobile, tampilan dari Rockto memberikan konten yang memang diperlukan sebagai akses on the go, dengan fokus utama dari social bookmarking yaitu konten yang dibagikan oleh pengguna lain.

Menu seperti Blog untuk melihat feed blog yang kita tambahkan ke akun pengguna Rockto serta faslitas toko tidak bisa diakses dari versi mobile WAP, setidaknya dari versi WAP. Namun Anda bisa tetap menyukai sebuah konten atau yang di Rockto.com distilahkan dengan Rocks! konten tertentu langsung dari versi WAP ini, selain itu Anda juga bisa menambahkan komentar atau membagikan konten dengan menaruh tautan pada kolom yang tersedia.

Pada halaman utama, pengguna juga bisa melihat pilihan konten paling populer berdasarkan waktu, selama 24 jam terakhir, satu minggu atau satu bulan.

Sedangkan untuk aplikasi BlackBerry, seperti yang dituliskan di blog mereka (berhubung saya tidak memiliki perangkat BlackBerry, saya kutip dari penjelasan blog) cara menggunakannya antara lain, setelah Anda membuka tautan yang ingin di bagikan di Rockto pada peramban BlackBerry, klik BlackBerry menu kemudian cari pilihan ‘Rock it’. Setelah Anda melakukan klik pada pilihan tersebut maka aplikasi Rockto akan secara otomatis terbuka dan mencoba meng-attach tautan tersebut.

Tetapi sepertinya agak cukup sulit untuk membagikan konten di versi WAP, misalnya jika menggunakan Opera Mini versi lama, seperti versi 4.2, karena harus membuka satu per satu tautan untuk melakukan copy-paste dari konten yang ingin dibagikan. Tetapi untuk Opera Mini versi terbaru yang telah menyediakan multiple tab, kesulitan ini bisa dilewati, pengguna tinggal membuka tab untuk mengakses Rockto.com versi mobile WAP, buka tautan konten yang ingin dibagikan pada tab baru, kemudian copy-paste URL pada kolom yang telah disediakan, proses selanjutnya hampir sama dengan yang dilakukan di versi web.

Seperti yang dijelaskan pada artikel tentang Rockto sebelumnya di DailySocial, rilis layanan untuk perangkat bergerak ini memang menjadi salah satu fokus utama dari penyediaan fasilitas yang diberikan Rockto untuk pengguna mereka. Satu fasilitas yang masih saya tunggu dari Rockto adalah bookmark button.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter